KADO Komunitas Peduli Anak Anak Dengan Dongengnya



Salatiga - Kampung Dongeng (KADO) adalah sebuah komunitas yang tergerak untuk memberikan edukasi kepada anak anak lewat cerita. Komunitas inipun terdiri dari banyak penggiat yang peduli dengan perkembangan  anak anak lewat cerita atau dongeng yang disampaikan. KADO memiliki tujuan agar ketika anak bermain, ketika anak berkumpul ada relawan yang bersedia mendampingi untuk memberikan edukasi dengan cara mendongeng  dan di dalam dongeng tersebut disisipkan tentang pendidikan, kasih sayang tanpa anak merasa tertekan atau merasa "digurui". Minggu, 15/03/2020.

Tedi Kartino selaku Ketua Kampung Dongeng (KADO) Jawa tengah mengatakan tujuan dari KADO ini adalah memberikan kembali motivasi para orang tua, guru dan masyarakat untuk membiasakan kembali bercerita kepada anak anak.
" Di Kampung Dongeng ini kita memberikan tehnik bercerita mengenai suara, mimik atau raut muka, ekspresi, gestur dan menggunakan alat peraga," Kata Tedi.
Tedi juga mengatakan dengan bercerita atau mendongeng dapat juga disisipkan nilai nilai kebaikan agar anak merasa tertanam nilai kebaikan sejak dini.

Dwi Lina Sulistyaningsih, S.Pd selaku ketua Kampung Dongeng Salatiga merasa bangga bahwa komunitas Kampung Dongeng mulai ada di Salatiga, dengan dukungan dari berbagai pihak baik Pemerintah Kota Salatiga, komunitas relawan sangat mendukung kegiatan Kampung Dongeng.
"Hal ini terbukti dengan dukungan dari Dinas Perpustakaan Daerah yang memberikan fasilitas untuk mengadakan workshop motistory Kampung Dongeng yang telah dilaksanakan kemarin. Dengan dukungan dari berbagai pihak itulah Salatiga menjadi kota Kampung Dongeng ke 12 di Jawa Tengah," Ungkap Lina.




Setelah diadakan motistory dengan narasumber Ketua KADO Jawa Tengah Kak Tedi selanjutnya diadakan Launching Kampung Dongeng yang secara resmi dibuka oleh Kak Tedi. Launching yang digelar di Pondok Pesantren Al Ittihad Salatiga ini selain dihadiri oleh ketua pondok serta para santriwan santriwati jga diikuti oleh berbagai komunitas yang peduli dengan sesama. Komunitas Dapur Sejiwa, Basodara, Bank Sampah, serta anggota dari Kampung Dongeng Salatiga.
Dengan adanya Kampung Dongeng di Salatiga ini diharapkan semakin memberikan edukasi kepada anak anak melalui dongeng serta memberika pesan moral sehingga anak merasa tertanam jiwa peduli, kepersamaan serta pesan kebaikan sehingga terbawa hingga mereka dewasa.  (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post