OutingKU 2020

By : Sumiati 
Praktisi Pendidikan 

Outing kali ini selasa 09 February 2020 momen yang di nanti oleh setiap siswa STPKU Rancaekek Bandung. Pelaksanaannya di Wisata Kampoeng Ciherang Cijambu Sumedang Jawa Barat. Persiapan di tengah sibuk yang luar biasa, bukan cuma guru, tetapi semua siswa. Alhamdulillah semua lancar tanpa hambatan hingga hari H. Pukul 07.00 empat mobil angkot meluncur, perjalanan lancar. Semua menikmati perjalanan ini, di tambah jalan menuju Kampung Ciherang sudah bagus, mulus lancar jaya, alhamdulillah.

Menikmati perjalanan yang indah, asri, hijau hamparan sawah berbukit dan lembah, pinggir jalan dihiasi alami oleh rumput gajah yang rimbun, hijau, memanjakan mata seluruh penumpang angkot. Terlihat beberapa pohon kaliandra pun menghiasi jalan, bunga merahnya menambah indah dalam pandangan mata. Teringat masa kecil, ketika masih suka mencari rumput gajah dan kaliandra untuk ternak. Menikmati alam sembari mengingat masa kecil yang indah dan seru. Pukul 09.00 kami pun tiba di lokasi, alhamdulillah. 

Setibanya di lokasi, kami pun, beristirahat terlebih dahulu, sambil menikmati indahnya alam yang masih segar udaranya, air di sungai mengalir jernih. Sembari membuka acara dengan mengumpulkan seluruh peserta. Saatnya untuk perkenalan dengan kakak pembimbing, dan pembagian kelompok, yaitu santri SMA KU Sumedang. Inilah nama kakak-kakak pembimbing anak-anak kami, ada Kak Rafli, Kak Imad, Kak Bagus, Kak Jaid, Kak Iqbal, Kak Zul. 
terasa waktu pun berlalu, sudah saatnya tidur siang sebelum shalat dzuhur. Dan seluruh peserta camping pun tidur siang dulu. Kemudian ketika adzan dzuhur semua dibangunkan dan semuanya diarahkan untuk mengambil air wudhu dan shalat berjamaah. 

Selesai shalat dzuhur tibalah waktu makan siang. Dan berikutnya acara yang dinantikan yaitu memasang tenda. Dari setiap kelompok berlomba memasang tenda dan menghiasnya. Agar mendapat nilai terbaik.
Waktu begitu cepat berlalu, hari pun kian sore. Ada kejutan dari kak Rifqi Taqiyyuddin, yang akan berbagi pengalaman manis pahitnya menghafal Al-Qur’an. Kak Rifqi adalah idola adik-adik kelasnya, prestasinya yang cemerlang baik pelajaran umum yang selalu menjadi juara dan menghafal Al-Qur’an yang sudah menjadi hafidz quran 30 juz, tentu menjadi magnet tersendiri bagi adik-adik kelasnya. Semua peserta camping begitu antusias menyimak pemaparannya yang luar biasa. Di tambah cuaca cerah sangat mendukung semangat anak-anak.

Selesai sudah acara bersama kak rifqi, dilanjutkan acara berikutnya halaqah quran. Pukul 21.00 anak-anak pun masuk tenda masing-masing setelah mendapat pengarahan untuk acara dini hari yaitu tahajjud. Singkat cerita  semua tertidur di temani nyanyian hewan malam. Membuat tidur seluruh anak-anak begitu nyenyak. Tak terasa, pukul 03.00 tiba, waktunya kakak pembimbing membangunkan seluruh siswa untuk tahajjud. Semua terbangun baik ikhwan atau pun akhwat. Dini hari yang dingin, tetapi suara gemericik air sungai membuat suasana hangat. Terdengar sayup-sayup ke seluruh area camping suara merdu bak Muzzammil, melantunkan kalam mulia dengan indah irama bayati kurdi. Masya Allah, indah nian suaranya, terlihat di gazebo yang dijadikan tempat shalat berjamaah kak Bagus mengimami shalat tahajjud. Umi Abi pasti bangga memiliki putra yang shalih, suaranya indah akhlaknya mulia. Terlebih anak-anak ini dibina di sekolah yang tepat. Sekolah para penghafal Al-Qur’an, yang mendidik mereka menggenggam Islam kafah. Di usia SMA namun sudah tampak dewasa, inilah generasi khoiru ummah. Barakallaah shalih.

Selesai tahajjud dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan halqoh quran. Selepas itu anak-anak senam, membereskan tenda, makan, mandi, dhuha. Selepas dhuha seluruh peserta mengikuti berbagai permainan yang ada di Kampoeng Ciherang. Kemudian istirahat, snack di sambung renang hingga tiba waktu qoilulah. Selanjutnya shalat dzuhur, makan siang dan dilanjutkan latihan persiapan untuk acara malam. Yaitu membuat api unggun dan berbagai lomba antar kelompok. Tak terasa sudah tiba waktu asyar, semua peserta shalat asyar dan di sambung latihan untuk pentas malam harinya.

Ayah bunda pasti bangga memiliki anak-anak yang shalih. Sebelum kakak-kakak menampilkan kreasinya, kak Imad sempat bertanya dulu terkait puisi yang akan ditampilkan. Apakah melanggar hukum syara atau tidak. Jangankan ayah bunda sebagai orang tuanya. Kami pun guru-guru dari SD sangat bangga, kak Imad dan kawan-kawan menampakkan sikap taqwa kepada Allah. Masya Allah, barakallaah nak..tetaplah shalih dan menjadi qurota a'yun bagi orang tuamu. Begitu pun kami bangga. Itu pula menunjukkan bahwa belajarmu berhasil. Semoga ustad dan Ustadzah pembimbing kalian tetap istiqomah dalam membimbing kalian. Ibu bangga kepada kalian. Para pemuda calon penakluk roma di masa depan.

Qadarullah menjelang maghrib hujan pun tiba, lumayan deras, tenda pun ada yang bocor. Akhirnya anak-anak dievakuasi ke gazebo agar tidak basah. Dan tentunya acara malam pun tertunda. Hujan cukup deras, cukup membuat tubuh menggigil. Akhirnya selepas makan malam dan shalat isya, anak-anak pun murojaah Al-Qur’an hingga pukul 21.00 dilanjutkan tidur. Kami berencana semua anak bangun pukul 02.00 untuk tahajjud, shalat subuh dan melanjutkan acara semalam. Api unggun dinyalakan, kemudian Ustadzah Rina memberikan nasihat luar biasa sebagai renungan diakhir camping. Dengan tema mengingat berbagai kesalahan selama ini kepada orang tua, dan dengan sungguh-sungguh memohon maaf kepada umi dan abi. Seluruh siswa terharu, hampir semua menangis, menyesali dosa-dosa selama ini. Barakallaah shalih shalihahKU. Semoga tetesan air mata itu menjadi awal baik bagi perubahan kalian menjadi lebih baik.

Setelah acara renungan selesai, dilanjutkan senam, sarapan dan penampilan kreasi seni dari setiap kelompok. Ikhwan 6 kelompok, akhwat 2 kelompok. Para pembimbing begitu semangat menampilkan kreasi seni masing-masing. Kak Jaid dengan kalem tapi tegas, kak Rafli dengan kocak dan menghibur, kak Imad dengan ceria membuat penonton terpesona hehe, kak Zul pemalu tapi pasti, kak Bagus dengan kreatif dan menarik, kak Iqbal dengan tenang, tetapi tidak kalah keren, Teh Zulfa dengan kreatif dan menarik, Teh Caca dengan doble kreatif kerenn. Alhamdulillah semua peserta siswa SD mendapatkan pelajaran berharganya. Alhamdulillah akhirnya pentas seni selesai, juri  tinggal memilih siapa pemenangnya. Begitu pun kakak terbaik telah terpilih. Barakallaah kak Bagus. Berikutnya apel penutupan dengan pembagian hadiah, diakhiri doa oleh pengelola yayasan. Alhamdulillah, kami semua pulang, senang, lelah, semoga berkah untuk semua. Aamiin Yaa Rabbal'aalamiin.

Post a Comment

Previous Post Next Post