Mesjid Agung Istiqamah Gelar Wisuda Iqra dan Khatam Al Qur'an Setelah 10 Tahun Absen


N3 Payakumbuh - Puluhan peserta Wisuda Iqra' nampak antusias menunggu giliran untuk menunjukkan kemampuan dihadapan juri dan pembina serta orang tua peserta disaksikan masyarakat kelurahan Bulakan Balai Kandi. Minggu (9/2)

Bertempat dihalaman mesjid Istiqamah kegiatan ini berlanjut dengan Khatam Al Qur'an pada hari Senin (10/02) sebagai puncak acara. Setelah sebelumnya dilaksanakan pawai ta'aruf di jalan Sukarno Hatta Koto Nan Ampek.

Antusias masyarakat Bulakan Balai Kandi dan sekitarnya kelihatan ketika melihat iring-iringan pawai ta'aruf dengan dimeriahkan drum band SMKN 2 Payakumbuh.



Robby Setiadi Hardana ketua panitia khatam Al Qur'an dan Wisuda Iqra' yang juga ketua karang taruna kecamatan Payakumbuh Barat mengatakan kepada wartawan bahwa pada kegiatan di mesjid agung Istiqamah tahun 2020 ini tercatat sebanyak 99 peserta.

"Dari total peserta tersebut terbagi menjadi 77 peserta khatam Al Qur'an dan 23 peserta Wisuda Iqra'. Keseluruhannya terdiri dari 32 laki laki dan 67 perempuan. Alhamdulillah dengan kerjasama dan dukungan masyarakat Bulakan Balai Kandi serta semua pihak, acara ini dapat terselenggara dengan lancar", terang Robby.

Nurhidayat, S.Ag ketua pengurus mesjid agung Istiqamah mengungkapkan rasa syukur dan bangga setelah 10 tahun baru ada kegiatan khatam Al Qur'an di mesjid ini.

"Pada kegiatan khatam Al Qur'an tahun 2020 ini, kita dari mesjid Istiqamah membantu semua biaya peserta yang berstatus anak yatim sebanyak 10 orang. Ini adalah salah satu bentuk program dari pengurus mesjis agung Istiqamah dalam bentuk Bantuan Rutin Bagi Anak Yatim yang ada  di kelurahan Bulakan Balai Kandi yang  anggarannya berasal dari celengan mesjid agung Istiqamah", ucap Nurhidayat.

Pada kesempatan tersebut Wulan Denura S.ST juga mengungkapkan rasa bahagia serta bangga dengan kegiatan ini dan berharap kedepannya rutin diadakan terpusat di mesjid agung Istiqamah setiap tahunnya.

"Kita ucapkan selamat kepada para peserta dan wali murid, semoga dengan Wisuda Iqra' dan Khatam Al Qur'an ini kita semua mendapat petunjuk dan berkah dari Allah SWT", ucap wakil ketua DPRD kota Payakumbuh ini.

Salah seorang pemuda kelurahan Bulakan Balai Kandi, M. Nurhuda SH ikut mengucapkan selamat kepada anak-peserta Khatam Al Qur'an dan Wisuda Iqra'. Pengacara ini mengharapkan dengan adanya kegiatan ini semoga silaturahim diantara warga kelurahan Bulakan Balai Kandi dan sekitarnya dapat terjalin lebih erat lagi.

Ninik Mamak sekaligus tokoh masyarakat kelurahan Bulakan Balai Kandi, Sy. Dt. Permato Kayo harapkan kedepan kelurahan ini lebih maju dari yang sekarang serta menghimbau kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan agar senantiasa berpatokan kepada falsafah "saciok bak ayam sadanciang bak basi" , berat sama dipikul ringan sama dijinjing.  (RStp)

Post a Comment

Previous Post Next Post