Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis.S.H,M.Si. buka secara resmi seleksi Ujian Fit and Proper Test Bacalon Wali Nagari se Kabupaten Pasaman.



Pasaman - nusantaranews.net,

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis membuka secara resmi acara seleksi Ujian Fit and Proper Test bagi bakal calon Wali Nagari pada Pilwana serentak se Kabupaten Pasaman Tahun 2020, di Kampus STAI Lubuj Sikaping.Selasa (25/02/20).
H Yusuf Lubis dalam sambutan menyampaikan untuk menjadi wali nagari hanya karena dana desa yang cukup besar, namun wali nagari harus memiliki terobosan baru untuk dapat dijadikan pedoman dalam pembangunan di Nagari masing masing.

"Seleksi ini diharapkan dapat menghasilkan manager-manager yang tangguh dan siap menghadapi dinamika dan tantangan di Pemerintahan Nagari".ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung mengatakan pada media nusantaranews.net peserta yang ikut ujian Fit and Proper Test sebanyak 130 orang dan 1 orang menyatakan mengundurkan diri.
   
Hasiholan mengatakan ujian tertulis dan tes wawancara merupakan seleksi tambahan di tingkat kabupaten karena calon di 16 nagari itu melebihi jumlah maksimal dalam pencalonan Wali Nagari. 

Hal tersebut kata dia,  di atur dalam Perda Kabupaten Pasaman  nomor 1 tahun 2016 tentang Pilwana, dirubah dengan Perda No.3 Tahun 2019. Serta mengacu pada Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 atas perubahan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa. (In Psm)

Post a Comment

Previous Post Next Post