Antisipasi Longsor Kodim 0311/Pessel Tanam Akar Wangi (Vertiver

Foto saat penanaman Akar Wanggi

Nusantara News, PESSEL--- Guna mengantisipasi ancaman bencana diwilayah teritorialnya Kodim 0311/Pessel dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Syawal lakukan penanaman akar wangi (Vertiver).


Bertempat di bukit PDAM nagari Painan Timur kecamatan IV jurai Kabupaten Pessel Provinsi Sumatera Barat, Kegiatan dihadiri oleh Prajurit TNI, BPBD Kabupaten Pessel, wali nagari painan utara serta tokoh masyarakat dan pemuda setempat. Selasa (04/02)

Kasdim mengatakan penanaman akar wangi (Vertiver) ini bertujuan sebagai aplikasi yang berkelanjutan dari program mitigasi bencana diwilayah teritorial kodim 0311/Pessel.

"Dilakukan sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana dari Kodim 0311/Pessel untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi karena akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah". ungkap Kasdim.

Selain itu mayor Inf Syawal juga menambahkan tanaman akar wangi sangat bagus untuk menahan tanah, serta dapat tumbuh diberbagai kondisi tanah dengan subur.

"Akar wangi termasuk tanaman yang mudah hidup tanpa memilih-milih kondisi tanah, baik itu diperbukitan, dataran tinggi, dataran rendah, maupun didaerah rawa". tambahnya.


Sementara itu wali nagari painan utara Patrial Dt Rajo Johan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih karna sudah memilih nagari mereka sebagai lokasi penanaman akar wangi.

"Terima Kasih kami ucapkan kepada Kodim dan jajaran karna sudah memilih nagari kami sebagai lokasi penanaman akar wangi, yang mana mamfaatnya tanaman ini sangat banyak, salah satunya dapat mencegah longsor yang memang wilayah kami memiliki kemungkinan yang cukup tinggi akan hal tersebut". ungkapnya.
Sementara itu, Yen Indra  kasi pengadaan badan penanggulanggan bencana daerah (BPBD) menambahkan program penanaman akar wangi ini sangat penting dilakukan dikabupaten pesisir selatan.

"Wilayah kita merupakan daerah yang rawan terjadi bencana baik itu banjir, longsor angin puting beliung yang tersebar diseluruh nagari yang dapat terdampak bencana tersebut". tambahnya. (Yosda)



Sumber (Pendim 0311/Pessel)

Post a Comment

Previous Post Next Post