Virus Corona Peringatan Dari Allah??

Oleh : Ummu Yaya
Anggota Revowriter Bogor

Saat ini dunia kesehatan sedang dihebohkan karena   wabah virus corona. Penyebaran virus ini diduga berasal dari kota wuhan di china. Dimana di kota ini terdapat pasar seafood huanan, yang tidak hanya menjual seafood tapi juga menjual berbagai macam  hewan liar  seperti ular, rubah, anak serigala dan lainnya dengan tujuan untuk dikonsumsi.

Penyebaran virus ini  sudah sampai ke negara  Thailand, Makau, Jepang, Korea Selatan, Taiwan Amerika dan Vietnam. Dari penelitian yang dilakukan oleh sekelompok  peneliti dari  Peking University of China, ditemukan bahwa  virus corona jenis baru ini secara genetik paling mirip dengan virus yang terdapat pada ular walaupun juga  mirip dengan virus yang ada pada  kelelawar.

Meski demikian temuan itu masih membutuhkan eksperimen lebih lanjut karena masih berupa spekulasi, seperti yang diungkapkan oleh Haitao Guo dari University of pittsburgh in Pennsylvania yang melakukan penelitian ini.

Penduduk kota Wuhan sendiri  yang  berjumlah sekitar 11 juta jiwa sudah diisolasi. Bandara ditutup sementara, akses masuk kekota itupun ditutup. Untuk menghindari semakin meluasnya penyebaran  virus.

Melihat ini  seharusnya dapat membuka mata kita mengapa, Allah mangharamkan untuk memakan hewan buas dan liar. Sesungguhnya kita tidak mengetahui apa yang allah ketahui dan sudah pasti  ada hikmah dibalik setiap perintah dan larangan Allah.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
كُلُّ ذِي نَابٍ مِنْ السِّبَاعِ فَأَكْلُهُ حَرَامٌ
“Setiap binatang buas yang bertaring, maka memakannya adalah haram.” (HR. Muslim no. 1933)

Dari Abi Tsa’labah, beliau berkata :
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang memakan setiap hewan buas yang bertaring.” (HR. Bukhari no. 5530 dan Muslim no. 1932)

Dari Ibnu 'Abbas,beliau berkata :
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring, dan setiap jenis burung yang mempunyai kuku untuk mencengkeram.” (HR. Muslim no. 1934)

Melihat dalil-dalil diatas kiranya dapat membuka mata kita, bagaiman Allah melarang kita untuk memakan makanan yang dilarang.

Semoga kita terlindungi dari virus yang mematikan ini.
Allahu'alam

Post a Comment

Previous Post Next Post