Ribuan Masyarakat Banjiri Tradisi Unik "Serak Gulo"


PADANG - Hari ini salah satu kalender pariwisata Kota Padang, kembali menggelar budaya tradisonal "serak gulo" di Pasar Batipuh Kelurahan Pasar Gadang Kota Padang.

Meski tradisi tahunan ini setiap tahun dilaksanakan, namun khusus untuk agenda Pemerintah Kota Padang merupakan tahun ke-3 dalam kalender Dinas Pariwisata.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya sangat mengapresiasi festival "serak gulo" yang diselenggarakan oleh muslim muhamadhan Pasar Batipuh.

Kegiatan tahunan " serak gulo" ini bertujuan untuk mempertahankan tradisi 

Melalui kegiatan ini, dihimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padang untuk saling bahu membahu. Selain itu juga  menjaga seluruh tradisi yang ada di Kota Padang.

Kita sadar bahwasanya, Kota Padang merupakan multi etnis. Bagaimana  kita bisa saling menjaga kerukunan antar umat beragama. Tentunya dibutuhkan kerjasama semua pihak, ujar Walikota Padang.

Gula tersebut jelas MC Andi Amir, gula yang sudah dibungkus dengan kain dan dibacakan doa oleh Ustadz Samsir. Seluruh gula yang telah disediakan panitia dari warga Kota Padang turunan India tersebut diserakan pada seluruh masyarakat multi etnis yang sudah siap memperebutkannya di depan Mesjid Muhamadhan.

Hadir pada iven tahun Kota Padang tersebut anggota DPR RI Mardani Alisera dari Fraksi PKS, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen, Pimpinan Muhamadhan Sumbar, Ketua KAN Sumbar serta Forkopimda Padang.

Post a Comment

Previous Post Next Post