Pernyataanmu Sungguh Sesat Menyesatkan

Pernyataanmu Sungguh Sesat Menyesatkan
Oleh: Anggraini Arifiyah
Ibu Rumah Tangga

Kontroversi tentang kewajiban memakai hijab kembali menyeruak ke permukaan. Istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengatakan bahwa perempuan muslim tidak wajib untuk memakai jilbab. Ia pun menyadari bahwa masih banyak orang yang keliru mengenai kata jilbab dan hijab. Menurut dia, hijab tidak sama pengertiannya dengan jilbab. "Hijab itu pembatas dari bahan-bahan yang keras seperti kayu, kalau jilbab bahan-bahan yang tipis seperti kain untuk menutup," kata Sinta di YouTube channel Deddy Corbuzier pada Rabu, 15 Januari 2020.

Ia mengakui bahwa setiap muslimah tidak wajib untuk mengenakan jilbab karena memang begitu adanya yang tertulis di Al Quran jika memaknainya dengan tepat. "Enggak juga (semua muslimah harus memakai jilbab), kalau kita mengartikan ayat dalam Al Quran itu secara benar," kata Sinta.

Pernyataan bahwa wanita muslimah tidak wajib memakai jilbab bisa berdampak serius. Seolah menjadi legitimasi bagi wanita muslimah yang belum mau berjilbab untuk tetap dalam keadaan tidak berjilbab. Apalagi pernyataan tersebut dipakai untuk semakin mengukuhkan pandangan bahwa yang penting hatinya berjilbab. Belum tentu yang berjilbab itu perilakunya baik.

Tak bisa dipungkiri, ini adalah bagian dari pemikiran radikal yang berbahaya. Dengan mempropagandakan hijab, sama saja menistakan paham mayoritas umat bangsa ini. Inilah yang wajib diwaspadai. Dalam Islam aurat wanita itu adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan kedua telapak tangannya. Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu‘anha, beliau berkata yang artinya;

“Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah SAW dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah SAW pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya, kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya.” (HR. Abu Daud 4140, dalam al-Irwa [6/203] al-Albani berkata: “Hasan dengan keseluruhan jalannya”) 

Jilbab itu lambang kehormatan Muslimah. Wajib dikenakan bagi wanita Muslim saat keluar rumah, sebagai tanda pengenalnya bahwa dia seorang wanita mukmin, dan dia tidak diganggu (al-Ahzab : 59). Mengkampanyekan bahwa jilbab tidak wajib berarti mengajak muslimah untuk sesat dari agamanya sendiri.

Inilah usaha para kaum liberalis. Kaum liberalis memang sudah biasa menframingkan ajaran Islam sesuka hati, dengan akal- akalan mereka. Tidak lain agar Islam semakin jauh dari kehidupan. Jadi yang diambil hanya nilai- nilai Islam saja. Semacam jilbabin hati, atau salat eling- eling.  Dengan pola yang sama, membenturkan syariat Islam dengan budaya. Oleh karena itu, dalam  merujuk sebuah pemahaman harusalh berhati-hati, apalagi terkait syariat Islam. Salah- salah hidup bisa berujung sesat. Sudah sesat, menyesatkan pula. Tak ada yang didapat selain kecelakaan di dunia dan akhiratNya. 

Jadi pernyataan jilbab tidak wajib, lebih menunjukkan kekalahan intelektual di hadapan ideologi liberal barat. Yang mereka korbankan adalah ajaran Islam itu sendiri. Padahal seharusnya yang dilakukan adalah menunjukkan ajaran Islam yang mampu memberikan solusi atas berbagai persoalan. Masyarakat Islam adalah masyarakat yang khas diliputi oleh keimanan dan ketaqwaan. Masyarakat Islam bukanlah masyarakat campuran yang dicelup kebebasan dan sekulerisme yang lambat laun akan menuju kehancuran. Wallahu’alam Bi Shawwab
x

Post a Comment

Previous Post Next Post