Danramil Gabus Terjun Ke Lapangan Atasi Jebolnya Tanggul



Pati – Di awal tahun 2020 ini seiring dengan musim penghujan yang mulai turun, banyak wilayah yang terdampak dengan datangnya musim ini. Di Wilayah Pati ada beberapa kecamatan yang terdampak antara lain Kecamatan Gabus. Derasnya hujan di daerah hulu berimbas derasnya arus sungai Gono yang melintasi ketiga desa yaitu Desa Koripandriyo, Desa Sunggingwarno dan Desa Soko Kecamatan Gabus longsor. Kamis, 09/01/2020.

Untuk mengurangi dampak meluapnya air ke persawahan dan pemukiman warga, ketiga perangkat desa tersebut bekerjasama dengan Koramil 18/Gabus, Polsek Gabus dan  tim BPBD Kabupaten Pati serta relawan melaksanakan perbaikan tanggul dengan peralatan seadanya.
Dipimpin langsung Danramil 19/Gabus Kapten Inf Urip Widodo, kegiatan ini berlangsung dengan penuh semangat dan berpacu dengan kondisi cuaca wilayah yang diguyur gerimis. Dengan menggunakan karung yang diisi dengan tanah para relawan dan masyarakat ini bersama sama bergerak dengan cepat untuk menutup tanggu yang jebol.

Kapten Urip Widodo disela sela kegiatan tersebut mengatakan bahwa ini hanya sementara untuk mengurangi meluapnya arus sungai Gono ke persawahan dan pemukiman warga.
“ Kedepannya kami akan memberikan laporan kepada pihak terkait untuk memperbaiki tanggul di sungai Gono ini  agar kedepannya tidak terjadi lagi longsor” Ungkap Urip Widodo.




Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE dalam kesibukannya menyempatkan diri untuk meninjau kegiatan tersebut. Melihat kegiatan yang dilaksanakan Adi sangat mengapresiasi kegiatan ini.
“ Bencana memang terjadi tanpa terduga, untuk itu kita harus segera tanggap apa yang terjadi di wilayah. Anggota Kodim Pati selalu siap siaga dalam mengatasi dan membantu masyarakat yang terkena musibah, seperti yang kita lihat sekarang ini kami menurunkan alat berat yang kita miliki untuk membantu kegiatan ini,” Ungkap Adi.

Kordinasi antar desa serta dengan berbagai instansi yang diperlihatkan oleh pemerintahan ketiga desa tersebut dengan unsur Muspika di Kecamatan Gabus selama ini terjalin dengan baik sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat terlaksana untuk mengurangi dampak meluapnya aliran sungai Gono. (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post