Harapan Mulia, Guru Suri Tauladan

By : Santi Amaliyah, S.Pd 
(Ummu Salman)
Guru SMP Kota Bogor

Hari Guru Nasional merupakan penghargaan bagi para pendidik Indonesia dalam kontribusinya mencerdaskan kehidupan bangsa. Profesi guru adalah pekerjaan muia yang tak kenal lelah dalam membentuk karakter generasi muda cemerlang. 

Peran guru menjadi pilihan kami sebagai bentuk pengabdian pada negeri yang kami cintai. Menjadikan siswa yang berprestasi adalah wujud profesional kami. Mendidik dan membentuk siswa yang berkarakter ini sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai pendidik yang bermoral. Menjadikan anak didik menjadi pribadi yang taat pada sang kholiq merupakan bagian dari amanah kami sebagai guru yang bertakwa.

Demi menghasilkan anak didik yang berkualitas perlu keleluasaan dan ruang ekspresi bagi seorang guru dalam belajar dan mengajar. Karena pentingnya menjadi guru yang baik.   Sejalan dengan semboyan "Tut wuri handayani ing ngarso sang tulodo". Di depan jadi panutan, di belakang jadi pendorong. 

Artinya sebagai seorang pendidik di zaman ini bukan hanya tanggung jawab mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi harus dibarengi dengan pendidikan karakter bagaimana seharusnya menjadi seorang siswa yang cedas dan memiliki nilai ketakwaan dalam dirinya. Menjadi generasi cemerlang penerus bangsa yang bertanggung jawab dan  berprestasi. 

Pengetahuan umum baik untuk sebuah capaian prestasi, dengan berbagai bentuk kurikulum yang pernah dibebankan oleh para guru dan anak didik. Tetapi ilmu akademis saja tidak cukup. Jika guru hany disibukkan seputar kurikulum, hasil yang didapat hanya akan menjadikan generasi bangsa dengan pribadi cenderung bodoh, culas, koruptor, preman, bahkan brutal. Akibat tidak diiringi dengan nilai Keimanan dan ketakwaan yang diajarkan oleh guru jika hanya fokus pada kurikulum dan kurikulum yang hingga kini belum tuntas apa yang ingin dicapai. 

Karena Islam pernah menorehkan tinta emas dalam dunia pendidikan. Sstem pendidikan Islam yang di emban pada masa itu, mampu melahirkan generasi yang cemerlang, berwawasan luas, berakhlak mulia, dan ahli agama. Banyak peradaban hebat yang muncul di era tersebut. 

Dengan pergantain menteri pendidikan yang baru, kami menaruh harapan besar pada bapak Menteri Pendidikan kali ini yang masih  muda dan penuh dengan terobosan, mampu menghadirkan sistem yang lebih baik dari pendahulunya. Sehingga mampu mewujudkan generasi rabbani, sehingga mampu mewujudkan negeri ini menjadi negeri baldatun toyyibatun.

Post a Comment

Previous Post Next Post