Gema Desa Poncokusumo, Dinas PUBM Siap Laksanakan Arahan Bupati

Kabupaten Malang - Untuk merealisasi aspirasi masyarakat Poncokusumo yang disampaikan melalui program Gerakan Membangun (Gema) Desa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang Ir.Romdoni, siap laksanakan arahan Bupati Malang Drs.H.M Sanusi,M.M.

Arahan tersebut yakni, perbaikan jalan Desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo antara lain, jalan Desa Jambesari, Desa Dawuhan, Desa Sumberejo dan jalan Desa Pandansari.

Pernyataan siap laksanakan arahan Bupati ini, disampaikan Romdoni, saat dirinya ikut dalam rombongan Bupati, guna melakukan peninjauan beragam layanan pada kegiatan program Gema Desa, di Kecamatan Poncokusumo, Senin (2/12/19).

Bermula, saat Bupati Sanusi meninjau infrastruktur di desa yang disinggahinya, seketika Sanusi memanggil Kepala Dinas PU Bina Marga dan meminta untuk melakukan perbaikan jalan desa yang rusak.

Gayung bersambut, Kepala Dinas PUBM langsung menyanggupi hal ini, untuk melakukan perbaikan pada jalan dimaksud.

Menurut Romdoni, tentunya ini menjadi perhatian pemerintah, karena fungsi jalan sangat dibutuhkan dan penting bagi masyarakat.

Maka dari itu, kami akan upayakan ada perbaikan pada jalan tersebut, agar tahun 2020 mendatang kondisinya lebih baik lagi. kata Romdoni.

Ia mengakui, sesuai arahan Bupati, kondisi jalan yang baik akan mempermudah aktivitas masyarakat khususnya petani, karena mereka akan lebih mudah untuk mengirimkan hasil pertaniannya. Sehingga, perekonomian akan semakin menggeliat.
Dengan demikian, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur yang memadai.
Lanjut mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang itu, Kerusakan jalan di Kabupaten Malang, baik jalan Desa maupun Kabupaten, rata-rata disebabkan karena beberapa faktor. 

Misalnya, aliran air yang tak mengalir serta kendaraan yang memiliki tonase besar melintas di jalan tersebut.
"Musuh besar jalan itu adalah air, air kalau tidak mengalir itu bisa merusak jalan. Kemudian kendaraan berat yang lewat, juga bisa mempercepat kerusakan jalan, kemudian air hujan, apalagi jalan Desa," jelas Romdoni.
Untuk itu, pihaknya saat ini bukan saja fokus pada perbaikan jalan yang rusak, seperti penambalan lubang jalan serta pengaspalan, tapi juga fokus pada pembangunan drainase. Sehingga, jalan yang ada bisa bertahan lama sebagaimana yang kita harapkan.(kyt)

Post a Comment

Previous Post Next Post