Dandim 9311 Pessel Pimpin Upacara Bela Negara

Pimpin Upacara Hari Bela Negara Ke-71 Dandim 0311/Pessel: Setiap Warga Negara Wajib Bela Negara

Nusantara Nesw. Painan–Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) Letkol Kav Edwin Dwiguspana,M.Tr (Han), pimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-71 di Lapangan parkir pantai Carocok Painan, Kamis (19/12/2019). 

Dandim yang bertindak selaku inspektur upacara bacakan amanat presiden Republik Indonesia H. Ir. Joko Widodo pada perayaan peringatan Hari Bela Negara Tahun 2019.



Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan Dandim 0311/Pessel menyebutkan hari bela negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela Negara.


“Tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,” kata Dandim membacakan amanat Presiden RI.


Selain itu, sebagaimana yang diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat, jelasnya.


Untuk itu, tidak hanya militer yang berperan membangun ketanahan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Lebih lanjut dibacakan Dandim 0311/Pessel, tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah tidak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.

Oleh karenanya, penanaman nilai dasar Negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama, ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga Negara yang dijamin oleh Undang-undang, tutupnya.

Hadir upacara itu, Bupati yang diwakili sekda Kab Pessel, Unsur Forkopimda,Wakapolres Kabupaten Pessel Ketua Pengadilan Negeri Painan,Ketua Kejaksaan Negeri Painan diwakili,Ketua Pengadilan Agama, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Persit, Ibu-ibu Bhayangkari,serta tamu undangan lainya. RY
(Pendim 0311/Pessel)

Post a Comment

Previous Post Next Post