Dinas PUBM Terus Bergerak Kurangi Jalan Rusak


Gambar kegiatan Dinas PUBM Kabupaten Malang

Kabupaten Malang - Dengan Mengusung moto wujudkan jalan mulus di Kabupaten Malang, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM), terus bergerak mengurangi jumlah jalan yang rusak, walau dalam keterbatasan anggaran.
Pembangunan dan perbaikan jalan rusak yang terus digelorakan DPUBM setiap tahunnya, terbilang sudah menurun.
Tercatat, dari total panjang jalan kabupaten 1.668,76 Kilometer (KM), dalam kurun satu tahun bisa berkurang kondisi kerusakannya.
Dari data yang dilansir  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, jalan kabupaten yang mengalami rusak dan rusak berat tahun 2017 mencapai 562,10 KM.

Tahun 2018 lalu jalan rusak berat berkurang mencapai 14,25 KM menjadi 537,85 KM dan tahun ini (2019) jalan rusak pun sudah menurun.

Kepada wartawan, Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang Ir.Romdoni, Minggu (17/11/19) mengatakan, fokus perhatian dan penanganan Dinas yang di pimpinnya tahun ini (2019), yakni pada jalan rusak berat.
"Fokus kami pada jalan kabupaten tahun ini, memang yang kondisinya rusak berat. Walau dengan anggaran terbatas, karena harus dibagi ke kegiatan lain," kata Romdhoni. Namun, capaian yang ada, nantinya bisa jadi rujukan untuk tahun berikutnya, ujar Romdoni.
Ia juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mendapat suntikan anggaran dari pemerintah pusat, melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dengan prioritas jalan pada koridor menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
8                                              Salahsatuproyek PHJD Tahun 2019

Kita membangun secara realistis sesuai dengan anggaran yang tersedia. Misalnya tahun ini mampu 1 kilometer, kita lakukan itu sesuai anggaran dan tentunya, semua pembangunan mengacu pada perencanaan yang telah disusun," jelas mantan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang itu.

Untuk diketahui, jalan kabupaten yang dibangun Dinas PUBM Kabupaten Malang, jenis permukaannya mayoritas adalah aspal. Jenis permukaan jalan yang diaspal inilah yang kerap rusak bila musim hujan datang dengan intensitas tinggi. (kyt)

Post a Comment

Previous Post Next Post