MENGENAL IDEOLOGI DI DUNIA

OLEH : DONNA SALBIAH

Apabila kita telusuri lebih jauh apa yang ditulis di di dalam buku karangan  Syehk Taqiyuddin an-Nahbani "Nidzhomul Islam" ternyata di dunia ini hanya ada tiga ideologi yaitu Kapitalis, Sosialisme Komunisme dan Islam.

Sementara banyak umat yang belum mengetahui,untuk itu perlu di jelaskan tentang  ke tiga ideologi tersebut dengan gambaran yang jelas.

1. Ideologi Kapitalis
Ideologi kapitalis ini tegak atas dasar pemisahan agama dengan kehidupan [sekularisme] dan ideologi ini berpendapat bahwa manusia berhak membuat peraturan hidupnya. Seperti; kebebasan berakidah,kebebasan berpendapat, bebas membuat peraturan, kebebasan hak milik, kebebasan pribadi dan HAM.

Karakteristik ideologi kapitalis adalah mengakui adanya pencipta alam semesta dan kehidupan mengakui adanya hari kebangkitan tetapi agama tidak memiliki peran dalam kehidupan sehari-hari dimana rakyat adalah sumber kekuasaan.

Sementara Sistem ekonomi lebih dominan dari pada demokrasi, sehingga para kapitalis dapat mempengaruhi mengatur elit kekuasaan.

Ideologi kapitalis ini lahir dari konfirasi raja-raja di Eropa untuk menjadikan agama sebagai alat untuk memeras rakyat.

Para filosof dan Cendikiawan mengingkari agama secara mutlak dan menyerukan pemisahan agama dari kehidupan dunia ,agama hanya sekedar hubungan antara individu dengan penciptanya.

2. Ideologi  Sosialis-Komunis
Ideologi Sosialisme [komunisme ] ini memandang masyarakat sebagai satu kesatuan yang menyeluruh yang terdiri dari manusia dan interaksinya dengan alam hubungan ini bersifat mutlak dan murni serta mereka tunduk padanya dengan sendirinya.

Karakteristik ideologi sosialisme [komunisme ] adalah bahwa alam semesta, manusia dan hidup adalah materi  mengingkari penciptaan alam oleh zat pencipta,  dianggap sebagai candu yang meracuni masyarakat dan menghambat pekerjaan. materi adalah pangkal berpikir dan pangkal dari segalanya mengingkari adanya kehidupan sebelum dan sesudah kehidupan dunia.

Meskipun kedua ideologi kapitalisme  dan sosialisme ini berbeda pendapat dalam ide dasar tentang manusia alam dan hidup akan tetapi keduanya sepakat bahwa nilai-nilai yang paling tinggi dan terpuji pada manusia adalah nilai-nilai yang ditetapkan oleh manusia itu sendiri dan bahwasanya kebahagian itu adalah dengan memperoleh kesenangan yang sebesar-besarnya  yang bersifat jasmaniah.

3. Ideologi Islam
Ideologi islam ini asas keyakinannya bahwa dibalik alam semesta, manusia dan hidup terdapat Al-Kholik  yang menciptakan segala sesuatu yaitu Allah  SWT. Dengan mengimani Rukun Iman secara utuh sebagai suatu tolak ukur keimanan, kepatuhan terhadap perintah Allah dan menjauhi seluruh larangannya untuk tercapainya tujuan hidup yang utama yaitu mendapat ridho Allah.

Karakteristik ideologi Islam adalah keyakinan akan adanya Allah SWT serta menentukan aspek rohani yaitu bahwa manusia, kehidupan dan alam semesta diciptakan oleh Al- Kholiq. Dalam kehidupan ini ada sesuatu yang wajib kita Imani keberadaannya yaitu Allah SWT. Juga menetapkan pula iman terhadap alam sesudah kehidupan dunia yaitu hari kiamat. 

Dimana seluruh amal perbuatan manusia sesuai dengan perintah dan larangan untuk mendapatkan ridho allah dan melestarikan eksistensi manusia, menjaga akal, kehormatan jiwa, pemilikan individu, agama keamanan dan negara adalah tujuan utama yang sudah baku tidak akan pernah berubah atau berkembang.

Islam memandang masyarakat sebagai pandangan integral [tidak terpecah-pecah] dimana individu merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat [jamaah].

Peraturan dalam islam dilaksankan individu mukmin dengan dorongan taqwallah yang tumbuh dalam jiwanya,sementara teknis pelaksanaannya dijalankan oleh negara dengan adil dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

*Perbedaan Ke Tiga Ideologi*
Dari Sisi Aqidah 
kapitalis memandang bahwa manusia telah memisahkan agama dengan kehidupan maka mau tidak mau harus membuat peraturan sendiri tentang kehidupan.
Ideologi Sosialisme-Komonisme. Ideologi ini memandang bahwa segala sesuatu berasal dari materi yang berkembang dan mewujudkan benda-benda lainnya berdasarkan evolusi materi.

Ideologi Islam memandang bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu dialah mengutus para nabi dan Rosulnya dengan membawa agamanya untuk seluruh umat manusia dan bahwa kelak manusia akan dihisab atas segala perbuatannya di hari kiamat,karena itu akidah islam mencakup iman kepada Allah,Malaikat-malaikatnya,Kitab-kitabnya para Rosul-Nya dan Hari Kiamat. Waallahu'alam bi showab.

Post a Comment

Previous Post Next Post