KEBAHAGIAAN WARGA MENDAPATKAN RENOVASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI PADA SATGAS TMMD KODIM 0819 PASURUAN


Gambaran kebahagiaan tampak mulai dirasakan warga di lokasi pelaksanaan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke-106 di Desa jatiarjo kecamatan prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Betapa tidak, setelah menjalani renovasi oleh Satgas TMMD, rumah milik ibu rupiah berubah total menjadi rumah yang layak huni, meskipun belum rampung 100 persen.

“Alhamdulillah, rumah saya lebih bagus dan lebih baik dari sebelumnya,” ungkap ibu rupiah  ketika ditemui di rumahnya,
Selasa (8/10/2019)

Sebelumnya, kata ibu rupiah, kondisi rumahnya yang terbilang
jauh dari kata layak huni, sering mengundang rasa cemas terhadap dirinya. Terlebih ketika memasuki musim penghujan.

“Kalau hujan, atap rumah bocor. Ya maklum saja pak, atap rumah saya hanya dari daun kering,” ungkapnya mengenang.

Terpisah, Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh H.Burhan Fajari Arfian,S.Sos mengatakan, penetapan rumah milik ibu rupiah untuk dijadikan sasaran pelaksanaan RTLH, dinilai sangat tepat.

Pasalnya, selain kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk ditinggali, juga adanya saran dari warga sekitar. Hal itu semakin menguatkan pilihan dan menjadi pertimbangan bagi pihak pelaksana program TMMD.

“Mulai dari kepala desa,dan warga sekitar semuanya kita kumpulkan untuk kami mintai saran. Selesai itu, kita lakukan kroscek ke lokasi. Alhamdulillah, rumah ibu rupiah ketika itu masuk kategori RTLH dalam program TMMD,” kata Dandim.

Atas dasar itulah kemudian Satgas TMMD melakukan rehabilitasi rumah ibu rupiah sehingga menjadi rumah yang layak huni dan sehat.

Post a Comment

Previous Post Next Post