Dauroh Tahfidz KU (Part 2)

Oleh : Sumiati 
Praktisi Pendidikan 

Minggu 13 oktober 2019 adalah hari kedua STPKU Tingkat Dasar Rancaekek Bandung menggelar Dauroh Tahfidz. Antusias peserta masih terjaga untuk mendapatkan transfer ilmu dari Bang Jemmi.

Di awali dengan bismillah, tilawah dan tausiah. Ilmu siap dicerap oleh setiap peserta yang memenuhi aula. Dari sebagian peserta yang tinggal cukup jauh dari lokasi memilih menginap di sekitar rumah makan Sukahati,  Cipacing Rancaekek Bandung. 

Training ini merupakan  cara mudah membuat program tahfidz yang tidak merepotkan pada umumnya. Ketika seseorang sudah mengalah dari awal dengan panjangnya Alquran yang harus di hafal, di sini perlu di coba. Jangan sampai kalah sebelum bertanding. 

Begitupun ketika anak-anak dan kita banyak memberikan syarat untuk memperlambat atau mengulur waktu dari menghafal Alquran, maka yang terbaik adalah memaksa diri untuk melaksanakan amanah tersebut dengan baik. Karakter manusi jika diikuti akan cenderung untuk menghindar dari istiqomah. 

Jika anak-anak dan juga diri kita sendiri cepat puas karena mudah menghafal, maka tidak boleh memberikan kelonggaran. Sehingga amanah menghafal harus di tambah.

Ketika anak-anak dan diri kita telah mengikuti alurnya, maka maksimalkan ikhtiar, biar Allah yang  menilainya. Lillah untuk mendapatkan jannahNya.

Betul kata Bang Jemmi, berbagai metode di gali dan di cari, Alquran tak mungkin segera hafal jika tidak ada motivasi dalam diri untuk menghafal Alquran. Tak mungkin seseorang semangat menghafal Alquran jika mereka tak mengerti pentingnya menjadi hafidz Quran. 

Sesungguhnya para hafidz Alquran dijanjikan oleh Allah pahala mulia, pahala terbaik. Ungkapan salah satu peserta, ingin terus berinteraksi dengan Alquran menjadi sahabat Alquran minimal menjadi sahabat para ahlul Quran. 

Ada beberapa peserta yang di tanya terkait azamnya untuk menghafal Alquran. Masya Allah begitu luar biasa membuat target berapa lama mereka akan menghafal Alquran, ada yang ingin 4 1/2 tahun, ada yang 8 tahun dan lain-lain. Niat mulia itu diaminkan oleh seluruh peserta. Besar harapan dengan diaminkan oleh banyak orang, menjadikan diri termotivasi dan di qabul oleh Allah Swt.
Aamiin Yaa Rabbal'aalamiin

Wallaahu a'lam bish shawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post