Pati - Bertempat di Pendopo Kemiri Desa Sarirejo Kecamatan Pati Kabupaten  Pati berlangsung kegiatan tasyakuran dalam rangka menyambut HUT ke 696  Kabupaten Pati  dan HUT ke 74 RI   yang dihadiri oleh Bupati Pati  H.  Haryanto SH, MM,  M.Si beserta Wabup Pati H. Saiful Arifin. Hal ini dilakukan menyambut hari jadi kota Pati yang jatuh pada tanggal 7 Agustus esok hari. Selasa 6/8/2019.

Selain Bupati dan Wakil Bupati hadir pula  Dandim 0718 Pati  Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos,  Kapolres Pati  diwakili Kabag Sunda Kompol Sumarni SH,  Ketua Pengadilan Negeri  Pati Suwarno SH, MH dan Kejaksaan Negeri Pati Dedy Koesmono SH MH, Sekda Kabupaten Pati  Ir Suharyono, Ketua beserta asisten Sekda Drs. Sudiyono,  Ketua DPRD Kab. Pati  yang mewakili  H. Haryono,  OPD dan Dinas Instansi Kab. Pati,  Muspika Kec. Pati,  Camat se Kab. Pati,  Perwakilan Kades Sarirejo  Slamet Riyanto,  Sesepuh Pati  Mbah Suromo, Toga, Tomas dan undangan lainnya.


Bupati Pati  H. Haryanto SH, MM, M.Si dalam sambutannya mengatakan ritual Selamaatan ini dilakukan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya kepada kita sekalian. Untuk kegiatan  HUT  Kota Pati laksanakan sejak adanya Perda tahun 1994 dan diadakan acara ritual boyongan yang dilaksanakan  setiap 5 tahun sekali dengan acara kirab.

“ Sebelum puncak perayaan HUT Kab. Pati diselanggarakan beberapa agenda diantaranya mengadakan tasyakuran yaitu pada sore ini dengan tujuan meminta kepada Alllah SWT agar warga Kab.  Pati diusia ke 696 diberikan barokah dan keselamatan,” Ungkap Bupati.

“ Harapan kedepannya agar karya dari seluruh OPD  dapat  memenuhi harapan masyarakat,  jika ada kekurangan karena ada keterbataanan tenaga, pikiran sehingga apa yang menjadi kekurangan nantinya bisa dibenahi bersama,  bersatu padu sesuai tema tahun ini yaitu  Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti,” Tambah Bupati.

Rencana selanjutnya untuk esok hari akan dilaksanakan acara Kirab Boyongan dari Genuk Kemiri  menuju Pendopo Kabupaten Pati. Acara ini akan melewati rute yang telah ditentukan sehingga masyarakat Pati dapat mengikuti dan melihat acara lima tuhunan ini. (ags/solpdmpati)
 
Top