Trenggalek,-Tanggul penahan Jalan yang ada di  Dusun Nitri, Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek sudah dirasakan manfaatnya oleh watga setempat.
Kini ketika melewati di sekitar jalan sudah tidak was-was harus khawatir terkena longsor. Sebab dinsing tanggul sudah dibangun dengan kokoh dan kuat.
Salah satunya Arifin (44), warga setempat. Belasan tahun lalu dirinya harus berjibaku dengan rusaknya jalan yang bergekombang dan berbatu. Kini jalan usai di rabat oleh program TMMD Reg 105 Trenggalek dan sudah lebih bagus. Jalan tak lagi nergelombang dan berbatu. Bahkan jalan sudah tidak khawatir longsor karena ada tanggul penahan jalan.
Petani getah pinus itu juga merasakan nikmatnya rabat jalan yang dikerjakan ole Satgas TMMD. Meski dirinya masih mengangkut hasil sadapan getah pinis dengan memikul, namun kenyamanan itu audah dirasakannya. Ketika melintas juga tidak khawatir terpeleset karena licinnya tanah lereng gunung. Batu terjal nan tajam juga tidak melukai kaki kapalnya saat berjalan.
Bahkan jalur utama ke hutan juga semakin dekat dan baik. Karena tidak lagi memangkas jalan hutan belantara. Seharusnya hasil sadapan getah pinusnya sudah bisa diangkut mwnggunkan kendaraan sepeda motor atau kendaraan lain. Akan tetapi dirinya masih belum memilikinya, mengharuskannya untuk tetap memikulnya.
Beban berat yang harus dipikulnya sudah semakin ringan. Sebab sesekali sadapan pinus seberat hampir 100 kg itu di angkutnya dengan gerobak dorong. Rasa lelah membantu Satgas TMMD untuk mewujudkan rabat jalan terbayar sudah.
"Biasanya tidak berani mengangkut beban berat lewat disini, tanggulnya kan sudah jadi, dan ada jalannya ya lewat aman," ujarnya. Sabtu (10/8).
 
Top