Petani Getah Pinus Rasakan Nyaman Lalui Jalan TMMD



Trenggalek,- Petani getah pinus juga merasakan nikmatnya rabat jalan yang dikerjakan ole Satgas TMMD yang ada di Dusun Nitri, Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.
Salah satunya Arifin (44), warga setempat. Belasan tahun lalu dirinya harus berjibaku dengan rusaknya jalan yang bergekombang dan berbatu. Kini jalan usai di rabat oleh program TMMD Reg 105 Trenggalek dan sudah lebih bagus. Jalan tak lagi nergelombang dan berbatu. Bahkan jalan sudah tidak khawatir longsor karena ada tanggul penahan jalan.
Meski dirinya masih mengangkut hasil sadapan getah pinis dengan memikul, namun kenyamanan itu audah dirasakannya. Ketika melintas juga tidak khawatir terpeleset karena licinnya tanah lereng gunung. Batu terjal nan tajam juga tidak melukai kaki kapalnya saat berjalan.
Bahkan jalur utama ke hutan juga semakin dekat dan baik. Karena tidak lagi memangkas jalan hutan belantara. Seharusnya hasil sadapan getah pinusnya sudah bisa diangkut mwnggunkan kendaraan sepeda motor atau kendaraan lain. Akan tetapi dirinya masih belum memilikinya, mengharuskannya untuk tetap memikulnya.
Beban berat yang harus dipikulnya sudah semakin ringan. Sebab sesekali sadapan pinus seberat hampir 100 kg itu di angkutnya dengan gerobak dorong. Rasa lelah membantu Satgas TMMD untuk mewujudkan rabat jalan terbayar sudah.
"Terimakasih sudah membangunkan jalan yang bagus. Ini sudah lebih dadi kata cukup. Biasa ya saya jalan sekitar 500 m ke hutan pinus, saya pikul saja memang belum ada kendaraan," ujarnya. Sabtu (10/8).
Previous Post Next Post