Pati- Musim kemarau yang sudah memasuki sekitar lima bulan mulai dari bulan april lalu banyak dirasakan dampak yang ditimbulkan oleh warga masyarakat Kabupaten Pati. Banyak bencana kebakaran akhir-akhir ini yang disebabkan oleh musim kemarau yang berkepanjangan walaupun itu semua juga ada kaitanya dengan human error maupun dari faktor lain. Tidak kalah dahsyat pula dampak kekeringan yang ditimbulkan dari musim panas yang tergolong panjang, diantaranya banyak sawah yang mengalami kekeringan serta gagal panen, musim hujan yang berakhir begitu cepat sebagai penyebab utama faktor gagal panen karena tanaman padi menjadi fuso atau tidak ada isi. Rabu 14/8/2019.



Dampak kekeringan ini banyak dirasakan oleh warga Pati sebagian besar bagian timur yang dekat dengan Pantura seperti kecamatan Batangan, Jaken, Jakenan, Pucakwangi yang membutuhkan air bersih untuk konsumsi warga sehari-hari.
Kepedulian ini yang ditunjukan oleh Hotel Safin Pati yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Pati dibantu oleh Babinsa Desa Triguno Sertu Sukiswanto menyalurkan bantuan air bersih untuk konsumsi warga Dukuh Putuk Desa Triguno Kecamatan Pucakwangi sebagai salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan warga.
Desa Triguno yang terdiri dari tiga pedukuhan yakni Dukuh Dopang, Dukuh Ketri dan Dukuh Putuk terletak di Kecamatan Pucakwangi adalah salah satu desa yang terdampak kekeringan.Warga desa Triguno mengandalkan air sumur serta air embung yang sudah mengering, dan yang paling parah adalah di Dukuh Putuk yang tiap harinya warga desa membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beruntung hari ini ada bantuan air bersih sebanyak dua mobil tangki berisi  10.000 liter dari manajemen Hotel Safin yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Pati yang dalam penyalurannya dibantu oleh kepala desa setempat serta Babinsa dari koramil 17/Pucakwangi.

Kapten Inf Suyani selaku Komandan Koramil 17/Pucakwangi dihubungi melalui telepon mengatakan,”Saya telah memerintahkan kepada para Babinsa agar memantau serta melaporkan tentang kondisi desa binaan masing-masing terkait dengan situasi serta kondisi dalam menghadapi musim kemarau ini,” Ungkapnya.
“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membantu warga yang membutuhkan bantuan air bersih yang seperti hari ini dilaksanakan ada droping bantuan air bersih kepada warga dukuh putuk desa triguna yang sangat membutuhkan air,” Ucap Suyani.

“Kami berharap bantuan berikutnya dapat disalurkan kembali untuk membantu warga khususnya Kecamatan Pucakwangi,” tambah Suyani.

" Saya juga berterimakasih kepada management hotel Safin, bapak Kepala desa Triguno, bapak Sungkono yang telah berkoordinasi dengan Babinsa Kami dalam penyaluran bantuan air ini, kami berharap komunikasi serta koordinasi ini dapat berjalan dengan baik untuk meringankan beban warga,” Pungkasnya. (Snpt/Pendim)

 
Top