Pati, Bertempat di lapangan Desa Kuryokalangan Kec. Gabus Kab. Pati  Upacara HUT Pramuka ke -58 Tahun 2019 tingkat Kwarcab Kab. Pati dengan Tema " Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI" dibuka langsung oleh Bupati Pati. Kamis 14 Agustus  2019

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain  Bupati Pati H. Haryanto SH, MM, M.Si,  Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos,  Kapolres Pati yg diwakili oleh Kabagops Kompol Sundoyo MH. SH,  Kepala Pengadilan Negeri Pati Suwarno SH, MH,  Setda Pati Ir Suhariyono, MM, Muspika Kec. Gabus,  Ketua Kwartir Ranting Gabus Bp. Junadi S.Ag,  Kepala Sekolah Se Kec. Gabus,  Kepala Desa Kuryokalangan dan perangkat,  Ambalan Ranting,  Dewan Kerja Ranting,  Kakak Pembina Se- Kec. Gabus,  Penegak SMA,MA,SMK,  Penggalang SD,MI,MTS,SMP.


Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Peringatan Hari Pramuka Ke- 58 tahun 2019 yang dibacakan oleh Bupati Pati mengatakan Kwartir Nasional memandang perlu mencanangkan suatu gerakan perlindungan bagi petani dengan lebih baik mengkonsumsi produk pertanian lokal, jadikan gerakan ini sebagai wujud kecintaan segenap anggota Pramuka kepada NKRI.
Merebaknya KKN, Radikalisme dan Terorisme dan penyalahgunaan Narkoba sehingga Kwartir Nasional menyambut baik kepada kwartir daerah untuk membentuk Satuan Saka Anti Narkoba untuk mencegah dini dan menanggulangi bahaya Narkoba sebagai wujud membangun keutuhan NKRI.
Mendorong seluruh anggota Pramuka untuk setiap saat melakukan aksi nyata  dengan cara perang terhadap sampah plastik.




Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka baik warna, desain,atribut dan tata cara penggunaanya jg menunjukan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti pentingnya persatuan dan kesatuan.
Untuk menyikapi semua permasalahan tersebut khususnya hal - hal yang mengacam keutuhan NKRI yaitu dengan cara menyeret anggota Pramuka untuk tidak terlibat dalam politik praktis,lupakan sejarah pahit masa lalu dimana Gerakan Pramuka terkotak - kotak dalam kelompok berdasarkan afiliasi Politik.
Untuk itu Gerakan Pramuka siap sedia menjaga keutuhan NKRI dan memegang teguh Trisatya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari- hari.

Dikesempatan terpisah Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos sangat menyambut baik dengan gerakan pramuka ini. Hal ini sudah terbukti dengan pembinaan  Saka Wira Kartika dibawh naungan Kodim 0718/Pati.
“ Selama ini TNI sudah menyatu dengan adik adik pramuka melalui Saka Wira Kartika yang pembinaannya dibawah Kodim Pati sampai dengan Koramil Koramil di jajaran, Salah satunya adalah pelaksanaan kemah dalam menyambut hari Pramuka tahun ini yang diadakan di Desa Kuryokalangan,” Ungkap Arief Darmawan.

Selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan atraksi dari  adik adik pramuka mulai dari beladiri pencaksilat, drumband sampai dengan tarian kolosal.  (solpdmpati)
 
Top