Pati - Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Pelantikan Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia  ( PEPADI ) Kabupaten Pati Periode 2019 - 2024 semalam mengambil tempat di halaman Pendopo Kab Pati. Minggu 4/08/2019.

Pentas wayang kulit yang dimulai pada pukul 20.00 Wib menampilkan dua dalang yakni Ki Dalang Pro Wisnu Trilaksono dan Ki Dalang Adit Prasetya berlangsung meriah.

Acara wayangan semalam dihadiri oleh para pejabat di jajaran Kabupaten Pati diantaranya  Bupati Pati  H. Haryanto, SH. MM. M.Si, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos, Kapolres diwakili oleh Kapolsek Kota  Iptu Sahlan, SH. MM, Setda Kabupaten Pati  Ir. Suharyono, MM, Kajari Kab Pati  Dedy Koemono, SH.MH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Pati  Winarto, SPd. M. Hum, Sekjen Pepadi Jateng  Nur Cholis, Kemendikbud RI  Sdr. Guntur, Sdr. Rohmat, Sdr. Prima, Ketua Pepadi Kab Pati Farid Spd , Kabid Kebudayaan  Winarti  Kab Pati Paryatmo SPd, OPD Kab Pati, Kadinas terkait dan tidak ketinggalan para Seniman/Seniwati Se Kabupaten  Pati.

Dalam sambutanya, Bupati Pati menyampaikan kepada hadirin yang hadir bahwa sejak pagi sampai malam agenda kegiatan sangat padat namun dapat terlaksana dengan baik.
Menurut Haryanto, suatu budaya apabila tidak diakomodir dikemudian hari akan menjadi persoalan, sehingga dengan berbagai upaya dengan adanya Undang-Undang seni budaya bertujuan agar permasalahan yang ada bisa terpecahkan.

"Seni pedalangan di Kabupaten Pati sangat berkembang, oleh karena itu pemerintah Kabupaten Pati sangat peduli untuk mendukung dan mengembangkan seni pedalangan dengan memberikan alokasi dana untuk pentas satu bulan sekali dan ini sudah berjalan selama tujuh tahun," ucap Haryanto.

"ini salah satu pekerjaan rumah kita semua, agar seni pedalangan Kabupaten Pati bisa terkenal, itu merupakan tanggung jawab pengurus Pepadi, suka duka dalam organisasi itu hal biasa tinggal bagaimana kita bisa menyikapinya, supaya organisasi tersebut bisa lebih bagus,"

"Jangan selalu membandingkan-bandingkan dengan pengurus Pepadi yang lama, kalau ada yang baik dipertahankan, yang kurang baik dihilangkan, dan saya mengucapkan selamat kepada pengurus yg dilantik mudah-mudahan bisa mengemban tugas dan tanggung jawab selama periode menjabat," tutur Bupati.

Setelah acara pembukaan serta sambutan-sambutan, dipenghujung  acara dilanjutkan pentas wayang kulit yang disaksikan oleh hadirin dan tamu undangan. (snpt/pdmpati)
 
Top