TNI Yang "Paham" Tanaman Tularkan Ilmunya ke Warga Sasaran TMMD


N3, DEMAK - Serka Rumiyanto, anggota satgas TMMD TMMD Reguler ke -105 Kodim 0716/Demak, selama ini dikenal sangat paham dengan dunia tanaman.. Disela-sela waktunya ikut bekerja fisik di TMMD, dia menyempatkan untuk menularkan ilmu    mencakok tanaman kepada warga desa sasaran.  

Kepada Nur Sholikin, warga Desa Kalikondang, Serka Rumiyanto mengawali pembelajaran cara mencangkok dengan penjelasan singkat bahwa mencangkok merupakan salah satu cara pengembangbiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya atau tanaman asli. 

Tumbuhan yang dicangkok hanyalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka seperti jeruk, durian, rambutan, sawo, jambu, dan duku.

Setelah itu Serka Rumiyanto kemudian mempraktikan cara mencangkok yang dimulai dengan pemilihan cabang tanaman yang akan dicangkok, mengerat batang untuk menghilangkan kambium dengan cara mengeriknya menggunakan pisau, kemudian mengeringkan getah dan melapisi batang dengan tanah gembur serta membalutnya dengan plastik yang diikat dengan tali rafia. (Pendim 0716/Demak)
Previous Post Next Post