Dengan adanya sumur bor petani panen tiga kali setahun


Pati - Koramil Trangkil, BPS, PPL bersama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Urip yang di pandegani Sujadi melaksanakan acara panen raya padi di lahan milik Karwoto, Juremi, Suwito, Jokoriyo seluas 3 hektar yang berlokasi di Desa Krandan Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Senin, 29 Juli 2019.

Hari ini kebahagiaan sejumlah petani desa Krandan Kecamatan Trangkil terpancar dari wajah mereka, karena pada hari ini dapat melaksanakan panen padi yang sudah ditunggu-tunggu selama sekitar tiga bulan mulai dari tanam dan baru hari ini dipanen dengan hasil yang memuaskan.

Untuk wilayah trangkil dan sekitarnya rata-rata para petani dapat melaksanakan tanam sebanyak tiga kali karena selain mendapatkan aliran dari irigasi, para petani diwilayah ini juga memanfaatkan sumur bor dalam dengan disedot menggunakan mesin pompa air, sehingga tidak takut pasokan air untuk tanaman mereka terlambat.
Pelaksana tugas harian Danramil 21/Trangkil Lettu Inf Suwoyo mengatakan, “Kedepan koramil dan para Babinsa akan terus mendampingi petani turun langsung ke sawah baik mulai dari tahap penyiapan lahan sampai dengan padi dapat dipanen,itu adalah juga tugas kami untuk memberikan motivasi bersama rekan-rekan PPL,” ujar Suwoyo.
“Jika para petani ada kendala jangan sungkan-sungkan segera sampaikan kepada Babinsa, yang nantinya akan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Mantri Tani guna mendapat langkah penyelesaian terbaik,” tuturnya.
“Diharapkan dengan adanya pendampingan Babinsa ini, kedepan hasil panen padi bisa lebih baik, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat,” jelasnya.

Plh Danramil Trangkil juga menambahkan, pendampingan dalam pertaninan merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab para Babinsa untuk membantu pemerintah mewujudkan program Swasembada Pangan di wilayah meraka bertugas.
Selain kegiatan panen raya, hari ini juga dilaksanakan ubinan oleh petugas BPS, BPP Kecamatan trangkil dan Babinsa mengambil sample dan menghitung untuk mengetahui berapa hasil yang didapat petani tiap hektarnya.

Berikut ini adalah Hasil Ubinan di sawah milik petani desa Krandan :
  1. Bp.Karwoto Hasil : 4.905 kg Produksi : 7,9 ton/ha
  2. Bp. Juremi Hasil : 4,625 kg Produksi : 7,4 ton/ha
  3. Bp. Suwito Hasil : 5,65 kg Produksi : 9,1 ton/ha
  4. Bp. Jokoriyo Hasil : 6,195 kg Produksi : 9,9 ton/ha

Menurut petugas BPS dan BPP Kecamatan Trangkil dari sample ubinan dapat disimpulkan bahwa hasil panen hari ini memuaskan. (PN/ Snpt/ Pendim)

 
Top