LSM GPLH Rencanakan Audiensi Bersama DPRD Sarolangun

N3,Sarolangun - LSM Gerakan Peduli Lingkungan Hidup (GPLH) Kabupaten Sarolangun berencana melakukan audensi dengan DPRD Sarolangun terkait kerusakan lingkungan akibat aktivitas tambang batubara. Dimana sebelumnya sudah pernah melaporankan hal ini ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan tetapi dinilai sangat lamban dalam menanggapi laporan.

" Audiensi tersebut akan kita lakukan setelah pelantikan anggota DPRD," ujar Ketua LSM GPLH Sarolangun,Dani, Kamis (25/7/2019).

Dani juga mengatakan, rencana audiensi bersama DPRD tersebut dilakukan guna untuk melihat sampai sejauh mana komitmen dan rasa kepedulian dari anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun terhadap lingkungan serta langkah dalam evaluasi masalah pertambangan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

" Keinginan evaluasi ini, bukan berarti kami anti terhadap penambangan. Hanya saja perlu ada penataan yang bagus, sehingga ada zonasi yang jelas dan tidak ada pembiaran paska dari aktivitas pertambangan," sebutnya.

Tambahnya,sangat disayangkan jika paska pertambang banyak pihak pengusahan yang pergi begitu saja tanpa memperhatikan dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan,seperti lubang paska aktivitas tambang yang dibiarkan tanpa adanya reklamasi.

" Kami yakin Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan DPRD tidak mau hal ini terjadi," ucap Dani.

Karena dari temuan kami masih ada lubang-lubang dari aktivitas pertambangan batubara yang dibiarkan begitu saja tanpa adanya reklamasi.

" Entah dari pihak perusahaan sudah mengeluarkan dana untuk reklamasi apa belum,kita tidak tahu. Jika memang sudah ada dana reklamasi,kemana uangnya?," tegas Dani.

Terakhir, Dani mengajak untuk semua pihak,baik Pemerintah Kabupaten Sarolangun, DPRD, masyarakat terutama pihak perusahaan agar bersama-sama menjaga lingkungan hidup demi kesejahteraan bersama.(SRF)

Previous Post Next Post