Magelang Tengah,-- Sertu Samsudin Babinsa Koramil 01/Magelang Tengah mengikuti sosialisasi  Penyakit Tidak Menular (PTM) yang di laksanakan oleh Tim Rumah Sakit jiwa Dr.Soeroyo Magelang, Senin (29/7) di Ruang Puskemas Kerokopan Magelang Tengah.

Adapun penjelasan yang di sampaikan oleh Himawan selaku Dokter spesialis Rumah sakit jiwa tentang Penyakit tidak menular tersebut kerap selalu di jumpai oleh pasien penderita sakit
seperti penyakit jantung, kanker, penyakit paru kronik dan diabetes mellitus (DM) yang saat ini masih mendominasi salah satu  penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Keadaan ini tentu saja tidak bisa di pandang sebelah mata karena  merupakan masalah sangat penting dan menjadi beban dalam pelayanan dan pembangunan kesehatan di Indonesia.
Terlebih dari itu beliau juga menjelaskan lebih rinci terkait pola hidup masyarakat yang memicu ancaman PTM di era modern seperti  sekarang ini semakin serius.

"Gaya hidup yang kurang baik seperti merokok, diet yang tidak sehat, maupun kurang aktivitas fisik merupakan beberapa faktor penyebab tingginya angka PTM di Indonesia" terangnya.

Banyak orang yang tidak menyadari dirinya sudah terkena PTM. Bahkan di Indonesia tingkat PTM khususnya DM tipe 2, Asma dan PPOK semakin meningkat dan bilamana berkelanjutan tidak menutup kemungkinan dapat merugikan negara.

Tentunya berbagai bentuk pengendalian PTM pun  telah dilakukan pihak Kementerian Kesehatan, namun upaya tersebut tentu tidak akan berhasil tanpa dukungan lintas Pemerintah, Swasta, Organisasi dan seluruh lapisan masyarakat.

"Termasuk dalam hal ini kami melibatkan Babinsa, bhabinkamtibmas dan kader PKK, serta masyarakat untuk bisa menjadi kader kesehatan bagi masyarakat setelah diberikan sosialisasi berjenjang terkait  Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular" imbuh Himawan.

Menyadari bahwa pentingnya kontribusi dalam mendukung kebijakan Kementerian Kesehatan terkait permasalahan PTM, PT. Babinsa serta bhabinkamtibmas dan tokoh masyarakat peserta undangan hadir berkomitmen untuk bisa bersama sama dalam mensukseskan kesehatan bersama bagi masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada negara dan bangsa Indonesian.

"Dalam lingkup kecil kita awali bersama dari tingkat Kecamatan Magelang Tengah ini" pungkasnya.
 
Top