N3,Sarolangun ~ Target Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk meraih piala Adipura untuk yang ke enam kalinya di tahun 2019 ini rupanya sangat serius. Seperti hari ini,Jumat (5/7/2019) pagi, Bupati Sarolangun H.Cek Endra bersama beberapa Dinas terkait melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi yang nantinya akan menjadi titik pantau tim Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada penilaian tahap I (P1) Adipura yang rencananya akan digelar pada bulan Agustus ini.

  • Adapun rute peninjauan titik Adipura oleh Bupati Sarolangun dimulai dari, Pasar bawah Sarolangun, Terminal Truck, Terminal Angkutan Umum, Kantor Dinas Perhubungan, Bank Sampah Ibu Saadah, Drainase simpang  SMA, dilanjutkan ke Pasar Atas, dan berakhir di TPA Tembok Cino Desa Pelawan Jaya.

Bupati sarolangun H.Cek Endra kepada media mengatakan,jika kegiatan hari ini guna melihat langsung kebersihan fasilitas umum maupun sampai ke TPA. Karena menurutnya,titik-titik inilah yang akan mendapatkan porsi nilai yang signifikan dalam penilaian nanti.

" Dari hasil evaluasi yang kita lakukan hari ini bahwa di lingkungan perumahan ternyata banyak got yang masih tersumbat. Ini harus segera menjadi perhatian," ujar Bupati.

Sementara Kepala Dinas Perkim,Saipullah mengatakan jika titik pantau yang selama ini dianggap masih kurang dalam penilaian akan terus digenjot. Yang mana sebutnya, Dinas Perkim akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak lain seperti, Dinas LH, Diknas, Rumah Sakit, Camat dan Lurah.

Ia juga menambahkan,jika berdasarkan nilai-nilai pada tahun 2017 dan 2018 titik pantau ada 61 titik. Berkaca dari tahun sebelumnya maka harapan kita pada penilaian tahap pertama nanti nilai kita harus meraih nilai 72. Karena dengan nilai tersebut kita bisa masuk ke penilaian tahap kedua.

" Untuk mencapai semua itu,setiap hari saya turun langsung. Kita bekerja, merencanakan, laksanakan dan awasi. Karena jika tidak demikian dikhawatirkan pas penilaian kita akan keteteran," pungkasnya.

Ikut serta dalam peninjauan tersebut, Asiaten II Dedi Hendri, perwakilan dari Dinas LH Sugeng, Dinas PUPR Kabid CK Olie Suryono, Camat Sarolangun Huzairin Saman,Kabag Humas Syaruddin, para Lurah dan awak media. (SRF)

 
Top