Bandongan,  - Babinsa Koramil 03/Bandongan Kodim 0705/Magelang, Sertu Mungin bersama Bripka Andy Bactiar selaku Bhabinkamtibmas Desa Sukodadi mendampingi kegiatan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular ( Posbindu PTM) yang digelar Puskesmas harian di Aula Kantor Desa Sukodadi Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.Sabtu (13/07).

Sertu Mungin sebagai Bintara pembina desa ( Babinsa) desa Sukodadi Kecamatan Bandongan pada pukul 09.0wib menjelaskan , kegiatan Posbindu PTM ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang berisiko terkena penyakit tidak menular (PTM).kegiatan posbindu PTM ini yang ada di Desa Sukodadi ini, sudah menjadi Progam yang selalu dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali.

"Posbindu PTM bertujuan untuk mengecek serta mengontrol maupun menjaga kesehatan secara optimal, baik dengan upaya preventif seperti sosialisasi, penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas terdekat," jelas Sertu Mungin.

Dikatakan Babinsa Sukodadi, TNI dalam hal ini Koramil 03/Bandongan Kodim 0705/Magelang, bersama Dinas kesehatan Bandongan Kabupaten Magelang, melalui Puskesmas selalu bersinergi untuk melakukan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Sementara Hesti Indraswati selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Bandongan, mengajak kepada warga masyarakat Desa Sukodadi Kecamatan Bandongan, untuk senantiasa mengontrol kesehatan pada masing - masing warga yang ada disetiap ada pertemuan maupun penyuluhan tentang  kesehatan oleh bidan desa. Sistem jemput bola yang dilakukan para Bidan Desa, sangat efektif dalam deteksi dini faktor risiko/Skrining PTM dan IVA Test, maupun pemeriksaan pengecekan Tensi, Kolestrol, maupun pemeriksaan lainya, sehingga dengan kesadaran setiap warga akan pemeriksaan kesehatan, akan mampu menciptakan kesehatan bagi masyarakat Desa Sukodadi  khususnya serta masyarakat Bandongan pada umumnya," terang Petugas Puskesmas Bandongan tersebut.

Kepala Desa Sukodadi Kecamatan Bandongan Rofiudin mengatakan, adanya posbindu PTM ini sangat membantu, khususnya bagi warga yang kurang kesadaranya dalam hal kesehatan dan tentunya jarak yang lumayan jauh dengan sarana kesehatan atau puskesmas yang ada.

" posbindu sangat membantu kami untuk melakukan pelayanan maupun pengecekan dan pengobatan langsung pada masyarakat kami, diharapkan kegiatan Posbindu bisa menanggulangi beberapa penyakit yang ada di warga kami,"katanya..

Menurutnya, seringkali warga tidak mengetahui bila ada macam penyakit tertentu."untuk itu, dengan adanya Posbindu warga dapat mengetahui serta mengenali dan segera mungkin untuk memeriksakan ke puskesmas Bandongan," Pungkas Kades Sukodadi.

Pelaksanaan kegiatan Progam Posbindu PTM dipimpin langsung oleh Ibu Hesti Indraswari dengan 6 petugas Puskesmas Bandongan dan tentunya dibantu Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Sukodadi Kecamatan Bandongan.(Gnw).
 
Top