Padang - Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah meminta warga Kota Padang yang akan pulang kampung atau mudik agar memeriksa seluruh keamanan sebelum meninggalkan rumah.

Hal itu disampaikan Mahyeldi usai pelaksanaan buka bersama pemimpin redaksi dan wartawan se-Kota Padang, di Palanta Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (30/05/2019).

"Banyak yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah, seperti memastikan seluruh peralatan elektronik sudah tidak ada yang menyala," katanya.

Selanjutnya, memastikan agar semua colokan yang ada dirumah tercabut, sebab dapat berpotensi terjadi kebakaran. Setelah itu agar dapat memastikan seluruh barang berharga sudah dibawa atau berada di tempat yang aman.

"Kebakaran menjadi salah satu yang harus diwaspadai, semua colokan harus dipastikan tercabut. Belum lagi maling yang dapat memanfaatkan keadaan, makanya pastikan barang berharga yang ada di rumah aman," sebutnya.

Untuk menjaga rumah dari maling, kata Mahyeldi, pemilik rumah juga dapat menitipkan rumah kepada tetangga yang memang sudah dipercaya untuk dapat mengecek rumah berkala. Atau dengan melapor kepada Ketua RT atau RW di lokasi tempat tinggal.

"Gunanya itu agar tetangga kita dapat memantau rumah kita, namun pastikan memang tetangga yang dapat dipercaya apalagi kalau harus meninggalkan kunci rumah," ujarnya. (MC Padang / ASa)
 
Top