Padang - Arus lalu lintas padat merayap terjadi di jalur menuju Pantai Air Manis, Padang. Sebab, objek wisata ini menjadi lokasi tujuan para wisatawan pada libur lebaran 1440 H ini.

Mengamankan sekaligus mengatur arus lalu lintas di jalur menuju objek wisata yang dikenal dengan Batu Malin Kundangnya itu, "Srikandi" Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang ikut turun tangan. Wanita-wanita tangguh itu berdiri di beberapa persimpangan menuju Pantai Air Manis. Tak hirau dengan panas yang menyengat kulitnya yang putih bersih terawat.

"Beberapa 'Srikandi' kita tidak mau kalah, ikut mengatur arus lalu lintas menuju Pantai Air Manis," kata Kepala Dishub Kota Padang, Dian Fakri, Minggu (9/6/2019).

Minggu (9/6/2019) merupakan puncak keramaian di Pantai Air Manis. Sekaligus hari terakhir libur lebaran kali ini.

"Iya, hari ini puncaknya, wisatawan yang ke Padang merasa ada yang kurang jika tak sampai ke Pantai Air Manis. Sehingga padat merayap," jelas Dian Fakri.

Mengantisipasi tidak terjadinya macet parah, Dishub bersama Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas. Arus searah diberlakukan.

"Kendaraan hanya dibolehkan masuk dari Jembatan Siti Nurbaya dan nantinya keluar di SMAN 6, Mata Air," sebut Dian.

Mengantisipasi macet tak bergerak Dishub juga melakukan penutupan sementara arus lalu lintas.

"Jadi, mohon maaf kepada pengguna jalan,  kami tak ingin macet tak bergerak di kawasan dalam, maka kalau sudah terlalu padat, kami tutup sebentar, nanti dibuka lagi. Lebih baik menunggu di luar kawasan dari pada terjebak di dalam," tutur Dian.

Pada libur lebaran kali ini,  kendaraan roda enam juga tidak diizinkan masuk ke jalur menuju kawasan objek wisata Pantai Air Manis. Hal ini dilakukan demi kenyamanan.(MC Padang / Charlie Ch. Legi)
 
Top