SMK KAL-1 LAHIRKAN 235 SISWA “DISIPLIN, JUJUR, SANTUN & PROFESIONALRAL”

Nusantaranews.net, Surabaya ---Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) yang berlokasi di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( KODIKLATAL ) Surabaya, Selasa (18/6)  melaksanakan purnawiyata kepada 235 siswanya yang berlangsung di gedung Gita Tamtama Surabaya. Purnawiyata/ berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi tersebut berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Burhan ,M.Pd  di hadiri seluruh siswa beserta orang tua masing-masing.

Prosesi purnawiyata diawali dengan masuknya Kepala Sekolah di damping 4 Wakil Kepala sekolah ( Waka Sarana dan Prasarana, Waka kesiswaan, Waka Kurikulum dan Waka Humas) serta 4 Kepala Program Kejuruan ( TKR, TPM, TAV dan TITL) melewati jajar kehormatan pasukan pengibar bendera Paskibra SMK KAL-1 ( PASKAL-1), dilanjutkan menyanyikann lagu Kebangsaan Indonesia Raya di teruskan menyanyikan lagu Mars Hang Tuah.

Sebagai pembuka acara  di suguhkan tari Remo oleh siswi Tri Wahyuni dan tari  Sparkling Surabaya yang di bawakan oleh 5 siswi dari kejuruan TAV dan TPM. Kemudian pembacaan surat keputusan kelulusan yang di sampaikan oleh Waka Kurikulum Munawar,S.Pd dimana dalam kesempatan ini  merangkap selaku Ketua Panitia Punawiyata. SMK KAL-1 Surabaya pada tahun pelajran 2018/2019 berhasil meluluskan 100 % dari jumlah siswa 235 yang terdiri dari 4 jurusan (TKR, TPM, TAV dan TITL) dengan rincian kejuruan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 98 siswa, kejuruan  Teknik Pemesinan (TPM) 69  siswa, kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 37  siswa dan kejuruan Teknik Audio Video (TAV) 31  siswa.

Direktur SMK KAL-1 sebutan keseharian selaku Kepsek  yang di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini,  di depan orang tua siswa menyampaikan bahwa mulai saat ini manajemen sekolah telah menyelesaikan tugasnya dalam membimbing, mendidik dan mengasuh putra-putrinya selama di SMK KAL-1. Oleh karenanya setelah punawiyata,  tugas tersebut  telah kembali kepada kedua orang tuanya masing-masing. 

 “Pada saat ini  seluruh managemen sekolah sedang berbenah diri agar tidak kalah bersaing dengan sekolah lain, kedepan akan mengadakan perubahan mendasar,  bukan hanya tambal sulam. Berbagai perubahan perbaikan  dan penyempurnaan  tengah dan sedang dilaksanakan, sebagai perwujudan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, baik menyangkut aspek pendidikan maupun non pendidikan” paparnya.

Juga di laporkan oleh Direktur SMK KAL-1 kepada Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya bahwa, 92 %  data terbaru dari kelulusan siswa tahun pelajaran 2017/2018  sebagian besar yang sudah mendapatkan lapangan pekerjaan di beberapa instansi TNI-Polri,  instansi swasta/ perusahaan/ mitra kerja juga  ada beberapa yang sudah di terima di perguruan tinggi negeri maupun swasta .  8% Siswa yang belum mendapatkan pekerjaan selalu di monitor dari sekolah dan selalu di beri bimbingan agar segera mendapatkan pekerjaan sesuai bidang masing-masing.

Seluruh managemen sekolah, guru, pembimbing siswa( Bingsis) selama 3 tahun telah membentuk peserta didik / siswa yang disiplin, jujur, santun dan profesioanal yang akan  berguna bagi agama negara dan bangsa.

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD. Seputra ,S.K.M., MM.  dalam kesempatan kali ini memaparkan kepada orang tua siswa bahwa setiap tahunnya lulusan  SMK KAL-1 rata-rata terserap di 57 mitra kerja, perusahaan / instansi serta sebagian  ada yang melanjutkan kuliah baik diperguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, tentu saja hal ini memberikan kepuasan tersendiri bagi seluruh guru yang telah mendidiknya selama ini. Sesuai dengan program Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur , khususnya SMK akan di galakkan baik di tahun  sekarang maupun tahun mendatang  dengan tujuan untuk memaksimalkan lulusan SMK sehingga tidak ada pengangguran intelektual.

Pada penutupan pendidikan / purnawiyata , Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Munawar, S.Pd mengumumkan kepada siswa-siswi yang berprestasi dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Peraih Ujian Nasional Terbaik diraih Aqil  Farras  Syaddad Ja’cub program keahlian  TITL putra dari  bapak Ainur  Rofik serta Jenny Arista dari program keahlian TAV putri bapak  Sylvester Ndarung.

Peringkat juara Umum 1 siswi Jenny Arista dari program keahlian TAV, peringkat  umum 2 atas nama Wihanto program  keahlian TKR putra bapak Siwan serta peringkat Umum 3  siswa  Rama Puspan Satria dari program keahlian  TKR putra  bapak Jumali.

Selanjutnya  Peringkat terbaik nilai ujian  Praktek Nasional Kejuruan  program keahlian  TITL  diraih  Dzikri Ramadhan putra bapak Bambang Budiono ,  program keahlian TAV  M. Ramadhan putra (Alm) bapak Marsuki , program keahlian  TPM  Deny Setiawan putra bapak Juli Adiawan serta program keahlian TKR  di raih oleh Daniel  Prastian  Pandovi puta bapak Teddy Pondoi.

Dalam kesempatan ini manajemen sekolah juga memberikan penghargaan kepada guru/ wali kelas terbaik serta karyawan/staf terbaik.  Wali kelas terbaik yang keseharian mengajar di program kejuruan TITL terpilh Ria Banowati, ST, wali kelas di kejuruan TAV terpilih  Pety Sulistyowati, S.Pd, di kejuruan  TKR  Arina Salsabela dan di kejuruan TPM  Ummi Noor, S.Pd. Sementara itu sebagai karyawan Tata Usaha  terbaik   terpilih  Wahyuni Saudah dan karyawan Staf Bendahara terbaik  Sri Atim , karyawan terbaik IT  Moch Ismail S.E, operator IT terbaik Baihaqi, ST serta jurnalis terbaik di raih oleh Ahmad Darowi . Kepada guru/wali kelas dan staf/karyawan terbaik di berikan piagam penghargaan serta hadiah lainnya yang langsung di serahkan oleh Direktur SMK KAL-1  Letkol Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd.

Turut hadir dalam Purnawiyata beberepa pengurus Yayasan Hang Tuag Cabang Surabaya( bendahara dan sekertaris YHT), Ketua Komite  SMK KAL-1,  serta beberapa Kepala Satuan Pendidikan ( Kasatdik) antara lain Kepsek SMP Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 1 dan SMA Hang Tuah 4 serta Kepsek SMK KAL-2. Tidak ketinggalan perwakilan  dari Dunia Usaha dan dari Dunia Industri/ TVRI Stasiun Surabaya.

Sebagai penutup purnawiyata dilaksanakan sesi foto bersama oleh seluruh undangan serta seluruh siswa bersama wali kelas masing-masing secara bergantian (red/Ry)
Previous Post Next Post