Padang - Dinas Kesehatan Kota Padang mengerahkan 142 tenaga medis guna mendukung kelancaran operasi ketupat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Semua tim medis tersebut akan di tempatkan di 11 posko pelayanan kesehatan yang tersebar di 11 titik.

Sebelas posko tersebut berada di titik-titik keramaian seperti Transmart, Basko Mall, Stasiun Tabing, Pasar Lubuk Buaya, Simpang Lubeg, Jembatan Kuranji, Ladang Padi, Danau Cimpago, Plaza Andalas, Air Manis, dan Bungus.

"Di tiap pos akan kita tempatkan tiga orang petugas yang terdiri dari dokter, perawat, sopir beserta ambulance. Kita akan bagi petugas menjadi dua shift," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, Sabtu (1/6/2019).

Tim medis akan dilengkapi dengan obat-obatan emergency dan perlengkapan P3K. Kadis juga memberikan tips dan imbuan kepada pengendara selama melakukan perjalanan, khususnya yang menempuh perjalanan jauh.

"Bagi pengendara yang mengantuk agar berhenti dan beristirahat sejenak untuk menghirup udara segar, kaca mobil sebaiknya dibuka setiap satu jam sekali dan matikan AC mobil, sediakan air minum yang cukup di mobil serta segera cari pos kesehatan jika merasa pusing, sakit kepala atau gangguan kesehatan lainnya," imbau Kadis.

Adapun kasus kesehatan yang harus diwaspadai saat menempuh perjalanan jauh (saat mudik) adalah diare, ISPA, gangguan pencernaan, kardiovaskuler serta keracunan.(MC Padang/Rajo Alam)
 
Top