Ramadhan Bulan Perjuangan

Penulis : Sitti Nurlyanti Sanwar

Bulan Ramadhan telah menampakkan cahayanya umat Islam menyambutnya dengan penuh suka cita. Bulan yang penuh rahmat serta bulan dimana pahala dilipat gandakan. Bulan Ramadhan adalah bulan diwajibkan kita umat Islam untuk berpuasa sebagaimana Allah SWT berfirman:
"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 183).

Puasa yang dimaksud, bukan hanya menahan lapar dan haus tetapi menahan hawa nafsu dunia yang terbelenggu dalam diri manusia. 

Bulan Ramadhan adalah bulan pertama kalinya Alquran diturunkan ke bumi melalui malaikat Jibril untuk di sampakan kepada Rasulullah Muhammad Saw. Sehingga, Ramadhan juga dijuluki sebagai “Syahr Alquran”. Ramadhan awal diturunkannya syariat dan ajaran Islam bagi umat Rasulullah SAW.

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)."(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185).

Alquran bukan hanya sebagai bacaan ataupun di hafalkan semata, tetapi harus pula dipahami serta diamalkan di kehidupan kita sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia yang akan  menghantarkan pada kebahagiaan dunia maupun akhirat. 

Ramadhan menjadi momentum yang sangat tepat untuk kita meningkatkan amal ibadah kepada Allah Swt, serta pelecut ghirah perjuangan dakwah, untuk menyongsong kegemilangan peradaban Islam.

Perlu diketahui bahwa, sejarah peradaban Islam mencatat sederat peristiwa-peristiwa besar yang terjadi selama bulan Ramadhan yakni :
1. Perang Badar 
Salah satu momentum penting di sejarah Islam adalah Perang Badar. Perang ini adalah konfrontasi pertama umat Islam melawan Quraisy setelah sebelumnya orang-orang Muslim selalu ditindas dan diperlakukan buruk. Dalam pertempuran ini Islam menang dengan gemilang walaupun secara logika sangat mustahil.Ketika itu pasukan Muslimin hanya berjumlah sekitar 300an orang saja sedangkan Quraisy setidaknya memiliki seribu pasukan. Namun berkat disiplin luar biasa akhirnya perang selama dua jam ini dimenangkan oleh Muslimin. Perang ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriah.

2. Strategi Perang Khandaq
Perang Khandaq juga merupakan salah satu peristiwa besar yang sangat berpengaruh bagi dunia Islam. Peperangan ini dibuat oleh orang-orang Quraisy dan Yahudi untuk menggempur dan menguasai Madinah. Tak main-main, ada ribuan pasukan tempur yang siap serbu kala itu. Menghadapi yang semacam ini Muslimin Madinah bisa berpikir sangat matang. Mereka kemudian membuat parit-parit agar menyulitkan pasukan gabungan tersebut. Perang ini sendiri berakhir dengan keteguhan Madinah. Para pasukan gabungan itu pulang dengan hampa. Nah, penyusunan strategi ini dilakukan Muslimin saat Ramadhan. Perangnya sendiri berlangsung selama Syawal.

3. Berhala-berhala dihancurkan
Berhala adalah simbol kebesaran Quraisy di masa lalu. Patung-patung ini dijadikan sesembahan sejak lama dan begitu dikeramatkan. Hingga pada akhirnya ketika Rasul menguasai Mekkah dan sebagian Jazirah Arab, beliau pun menyuruh para sahabat untuk meruntuhkan berhala-berhala yang ada. Khalid Bin Walid, Amr Bin Ash, dan seorang sahabat lagi, memimpin pasukan untuk menghancurkan berhala-berhala yang sudah ada sejak lama dan jadi sesembahan. Hancur leburnya patung-patung ini jadi bukti jika Islam sudah benar-benar berjaya, dan peristiwa tersebut juga terjadi saat bulan Ramadhan.

4. Fathu Mekkah
Fathu Mekkah atau pembebasan kota Mekkah, adalah salah satu peristiwa penting bagi Islam. Ya, ini adalah saat di mana Islam pada akhirnya menguasai Mekkah. Bisa menduduki Mekkah sendiri adalah cita-cita Muslimin sejak dulu sekali, dan baru bisa terjadi setelah mengalami banyak peristiwa.

Meskipun namanya penaklukkan, tapi dalam peristiwa ini tak ada satu pun darah yang tertumpah. Peristiwa ini terjadi di bulan Ramadhan pada tahun 8 hijriah.

Sederet peristiwa tersebut, menjadi pelecut untuk mengencangkan perjuangan dakwah Islam kaffah di bulan Ramadhan ini dalam meneggakkan syariat-Nya. Berjuanglah dengan senantiasa sabar,istiqomah dan yakin dalam mengikuti jejak perjuangan dakwah Rasullullah  Saw.

Post a Comment

Previous Post Next Post