Peringatan Harkitnas, Danyonarmed 12/Kostrad: Setuju untuk Berbeda Kunci Toleransi dan Persatuan


Ngawi,- 20 Mei 1908, menjadi tonggak sejarah yang fundamental bagi bangsa Indonesia. Karena pada saat itulah mulai adanya kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.
Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan saat itu atas gagasan Dr.Sutomo beserta mahasiswa STOVIA pada mulanya bersifat sosial, ekonomi dan kebudayaan. Namun seiring waktu organisasi tersebut kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan kemerdekaan Indonesia.
            Sehubungan dengan hal tersebut, Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy, di sela-sela peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang dirangkaikan dengan Apel Siaga Pengamanan itu mengatakan, 20 Mei 1908 lalu dinilai memiliki makna yang sangat luar biasa bagi perjuangan dalam mempersatukan segenap komponen bangsa menuju Indonesia yang merdeka dan berdaulat.  
            Perwira menengah TNI AD itu menyebutkan bahwa, kesadaran akan persatuan dan kesatuan dinilai sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, hal tersebut merupakan kunci utama mewujudkan visi dan misi bangsa ke depan. “Tanpa persatuan dan kesatuan, pembangunan dan kemajuan bangsa adalah suatu kemustahilan,” pungkasnya. Senin, 20 Mei 2019.
            Bangsa Indonesia, kata Perwira dari kecabangan Artileri Medan ini, merupakan surga dari perbedaan itu sendiri, suatu bangsa besar yang memiliki kemajemukan suku, agama hingga budaya yang luar biasa.
“Oleh karena itu perlu adanya sikap saling toleransi yang tinggi untuk mewujudkan harmoni dalam keberagaman tersebut,” tambahnya.
Harmoni dalam keberagaman, kata Mayor Ronald, keberagaman sesungguhnya merupakan kekuatan yang luar biasa untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang disegani. “Kuncinya adalah, kita harus setuju untuk berbeda. Karena itu, adalah kunci toleransi dan persatuan,” paparnya.
Ia berharap, momentum 111 tahun Harkitnas saat ini, mampu meningkatkan kembali Persatuan dan Kesatuan, serta menumbuhkan nilai-nilai luhur Pancasila guna akselerasi tercapainya tujuan Nasional bangsa.

Post a Comment

Previous Post Next Post