N3 Payakumbuh - Tidak selamanya dalam merayakan kelulusan sekolah dengan melakukan aksi coret-coret seragam sekolah. Banyak kegiatan positif yang jauh lebih bermanfaat dilakukan bagi pelajar dalam merayakan kelulusan tersebut.

Seperti yang dilakukan pelajar SMPN 1 Payakumbuh pada Rabu (29/5) sore. Sebagai rasa syukur kelulusan, ratusan pelajar tersebut malah membagi-bagikan takjil di jalan utama dipusat kota. Persisnya di depan sekolah mereka, SMPN 1 Payakumbuh kepada pengendara yang melintas.

Ada ratusan takjil yang dibagikan oleh pelajar yang masih berpakaian seragam. Dikatakan Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra, setiap pelajar yang lulus membagikan setidaknya 2 bungkus takjil. "Ada sekitar 650 takjil dibagikan kepada masyarakat yang melintas dipusat kota. Ini sebagai bentuk rasa syukur anak-anak atas kelulusan ujian nasional,"terang Defi Marlitra.

Terkait kelulusan, Defi Marlitra cukup berbangga atas hasil yang didapat SMPN 1 Payakumbuh. Kenapa tidak, sekolah kebanggaan 'Rang Payokumbuah' itu mampu mempertahankan peringkat Ujian Nasional. "Tahun ini, sekolah kita yang terbaik. Peringkat 1 berdasarkan hasil kelulusan Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk SMP negeri/swasta se Kota Payakumbuh. Lulus 100 persen,"ucapnya lagi.

Dari 326 peserta UNBK, 2 pelajar diantaranya  berhasil mendapatkan nilai 100 pada mata pelajaran matematika. Kemudian 14 pelajar dengan nilai 98 mata pelajaran Bahasa Inggris, 12 pelajar dengan  nilai 98 untuk Bahasa Indonesia dan 2 pelajar dengan nilai  97,5 mata pelajaran IPA.

"Peserta UNBK ada 326 untuk 9 rombongan belajar atau kelas. Sekolah juga memberi reward bagi pelajar dengan nilai 100 serta reward bagi guru-guru yang mampu mendongkrak nilai anak,"ucapnya lagi. Dengan reward tersebut, Kepala SMPN 1 Payakumbuh itu berharap mampu memberikan motivasi kepada pelajar lain  serta terhadap guru untuk bisa lebih berprestasi lagi.(Rahmat Sitepu/rel

)
 
Top