Forikan Kelurahan Payobasung Wakili Kota Payakumbuh Pada Lomba Tingkat Provinsi Sumbar 2019


N3 Payakumbuh — Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, mewakili Kota Payakumbuh pada lomba Forikan tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019.
Tim Juri Forikan Provinsi Sumbar, didampingi Ketua Forikan Kota Payakumbuh, melakukan kunjungan lapangan guna melakukan verifikasi ke lapangan, menindaklanjuti ekspos Ketua Forikan Payakumbuh belum lama ini. Jumat (3/5) 
Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza falepi, mengatakan dipilihnya Forikan kelurahan Payobasung ke tingkat provinsi karena memiliki gebrakan yang besar dan tumbuh dari nagari sendiri atas keinginan masyarakat.
“Hal ini tidak lepas dari dukungan kelurahan dalam menganggarkan dana untuk menggerakan Gemarikan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Henny.
Sehingga, dari anggaran tersebut sudah memberikan dampak yang cukup baik bagi kelompok-kelompok tani dan UKM di kelurahan payobasung.
“Mari sama-sama kita lihat ke lapangan, bahwa semua yang kita lakukan berjalan seadanya dan tidak dipersiapkan secara instan disaat perlombaan saja,” pungkas Ny. Henny kepada tim penilai.
Camat Payakumbuh Timur Arifianto mengapresiasi atas kesungguhan dan komitmen Forikan kelurahan payobasung dalam mengajak masyarakat untuk mengkosumsi ikan setiap hari.
“Karena, disamping ikan baik bagi kesehatan dan kecerdasan, juga memiliki nilai ekonomi bagi pendapatan rumah tangga,” ujarnya.
“Untuk itu, melalui lomba Forikan ini saya berharap bisa menjadi percontohan dan motivasi bagi kelurahan lainnya dalam memasyarakatkan kosumsi ikan,” pintanya.
Ketua Tim Penilai Forikan Provinsi Sumbar, Dewi Novita, mengatakan tujuan lomba Forikan merupakan bentuk reward sekaligus evaluasi forikan kelurahan terhadap perkembangan Gemarikan di tengah-tengah masyarakat.
“Hari ini kita melakukan kunjungan lapangan, semoga apa yang dipaparkan oleh Ketua Forikan Kelurahan  Payobasung kemarin sesuai dengan hasil sebenarnya,” terangnya.
Kami juga melihat langsung administrasinya dan juga menanya langsung kepada masyarakat bagaimana kegiatan ini berjalan, siapa saja yang terlibat dan program apa yg menjadi unggulan dari kelurahan ini,” ujarnya
Bagi daerah yang menjadi terbaik satu nantinya akan melaju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sumbar.

Pengumuman pemenang akan  disampaikan saat lomba masak ikan yang akan diselenggaran di kota padang  sehabis lebaran .

Ia berharap, melalui lomba Forikan tingkat provinsi ini bisa merangsang para kelompok tani dan masyarakat untuk memanfaatkan potensi perikanan yang ada di Kelurahan Payobasung. (Rahmat Sitepu/Rel)

Post a Comment

Previous Post Next Post