7 Manfaat Kesehatan Dari Puasa Didukung Oleh Ilmu Pengetahuan


Terlepas dari lonjakan popularitasnya baru-baru ini, puasa adalah praktik yang berabad-abad yang lalu dan memainkan peran sentral dalam banyak budaya dan agama. Berpuasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, dari peningkatan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.



Berikut ini 7 Manfaat Kesehatan Dari Puasa yang didukung oleh ilmu pengetahuan.



1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah dengan Mengurangi Resistensi Insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes.


2. Meningkatkan Kesehatan yang Lebih Baik dengan Memerangi Peradangan

Sementara peradangan akut adalah proses kekebalan normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, peradangan kronis dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan Anda.


3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Meningkatkan Tekanan Darah, Trigliserida dan Tingkat Kolesterol

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5% kematian secara global. Mengubah pola makan dan gaya hidup Anda adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.



4. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Gangguan Neurodegenerative

Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak.


5. Membantu Penurunan Berat Badan dengan Membatasi Asupan Kalori dan Meningkatkan Metabolisme

Banyak pelaku diet yang berpuasa mencari cara cepat dan mudah untuk menurunkan beberapa kilogram. Secara teoritis, berpantang dari semua makanan dan minuman tertentu harus mengurangi asupan kalori keseluruhan Anda, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.


6. Meningkatkan Sekresi Hormon Pertumbuhan, Yang Sangat Penting untuk Pertumbuhan, Metabolisme, Penurunan Berat Badan dan Kekuatan Otot

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hormon kunci ini terlibat dalam pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH.


7. Bisa Menunda Penuaan dan Memperpanjang Umur Panjang

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan tentang potensi memperpanjang umur dari efek puasa.

Namun, penelitian saat ini masih terbatas pada penelitian pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana puasa dapat berdampak pada umur panjang dan penuaan pada manusia.


Sumber : Benefits of Fasting, Backed by Science/google


Post a Comment

Previous Post Next Post