Teks Foto : Asisten III bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin, SH, MH sedang memberikaan kata sambutan ketika membuka acara perlombaan mewarnai tingkat TK dan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI sederajat di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur Kecamatan Peurlak Kota.
Aceh Timur-NusantaraNews,Untuk mengali atau meningkatkan kreatifitas dikalangan anak-anak sekolah TK dan Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Timur, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Timur mnelaksanakan kegitan Lomba Mewarnai Tingkat TK dan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasardan Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Aceh Timur yang berlangsung di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Timur, Peurlak Kota pada Kamis 11, April 2019.




Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Timur, Lukman, SP, M.M kegiatan ini berlangsung selama satu hari yang diikuti sebanyak 120 orang peserta yang terdiri dari 30 orang anak-anak Taman Kanak-Kanak Putra/Putri dan 30 orang Guru Pendamping. Sementara utuk lomba bercerita atau Sinopsis juga diikuti sebanyak 30 orang Putra/Putri tingkat SD/MI sederajad dan 30 orang guru pendamping. Adapun dewan juri menurut Lukman, SP, M.M berasal dari kalangan pendidik yakni para guru SLTP, SLTA dan juga Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur dimana untuk masiing-masing perlombaan dewan juri berjumlah tiga orang.
Dalam amanatnya, Bupati Aceh Timur melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin, SH, MH mengatakan, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa dalam realitas masyarakat kita saat ini mengalami lompatan budaya atau lompatan tahapan dari masyarakat tradisional ke tahapan modrenisasi yang seharusnya melalui tahan berikutnya yakni tahapan masyarakat literasi, tetapi justru tahapan tersebut terlewatkan, akibatnya masyarakat kita menjadi malas membaca dan lebih senang menghabiskan waktu untuk menonton televisi.
Oleh karenanya, melalui kegiatan lomba mewarnai dan bercerita (synopsis) ini kami selaku Pemerintah Daerah mengharapkan minat akan membaca bagi anak-anak semakin meningkat, sehingga nantinya akan menumbuhkembangkan bakat dan kreatifitas mereka sehingga nantinya melalui event-event seperti ini atau yang lainnya akan melahirkan generasi penerus bangsa yang cinta baca, oleh karenai itu ia menghimbau kepada anak-anak, siswa/siswi, para guru dan seluruh masyarakat Aceh Timur untuk terus meningkatkan kegemaran membaca dan menjadikan pustaka sebagai tempat menimba ilmu selain di sekolah agar kualitas hidup bisa meningkat.Hadir dalam acara ini antara lain para unsure Muspika Kecamatan Peurlak Kota, tokoh masyarakat dan pemuda.(*)
 
Top