N3 Payakumbuh – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Payakumbuh dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba Gerakan PKK tahun 2019 yang bertempat di Aula Ngalau Indah Kantor Balai Kota Payakumbuh, Jl Veteran No 70 Poliko, Selasa (9/4)

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda menyambut langsung kedatangan Tim Penilai yang didampingi oleh perwakilan dari DP3AP2KB, Perwakilan dari seluruh PKK kelurahan dan Kecamatan, beserta perwakilan dari beberapa OPD terkait.

Dalam sambutannya Sekdako Payakumbuh Rida Ananda mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para Tim Penilai PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat dan berharap TP PKK Kota Payakumbuh yang meraih juara untuk penilaian lomba kali ini.

“Selamat datang kepada tim penilai, TP-PKK Kota Payakumbuh sudah menyiapkan semuanya karena kami tidak pernah tidak bersungguh sungguh dalam hal apapun apalagi berkaitan dengan lomba karena tekad kami selalu ingin jadi yang terdepan, ” jelas Sekdako Rida.

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Hj. Henny Riza Falepi dalam sambutannya menerangkan beberapa terobosan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh PKK Payakumbuh.

“Kami dari PKK Payakumbuh sudah mencoba membuat SIM (sistim informasi manajemen) PKK terutama kami telah terapkan di beberapa kelurahan diantaraanya di kelurahan Talang. Dimana kelurahan Talang telah kami majukan di lomba PKK untuk Tingkat Nasional di tahun 2019 ini. Sim PKK ini sudah kami rancang dengan dukungan dari Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, selain untuk pencatatan data dan kegiatan warga, ini juga utk pencatatan kegiatan PKK mulai dari Tingkat Kelurahan sampai Dasawisma. Ini menguntungkan kami dalam pengecekan data setiap tahunnya,” ungkap Hj. Henny Riza Falepi.

“Ditambahkan Tahun ini kami juga menerbitkan majalah PKK payakumbuh, kami maju membuat majalah ini dengan swadana dan bukan dari APBD. Mudah-mudahan awal Mei kami juga bisa menerbitkan majalah edisi kedua untuk majalah PKK Kota payakumbuh,” imbuhnya.

Selanjutnya Henny menambahkan, semua kegiatan masih banyak harapan dan peningkatan yang akan kami lakukan untuk kegiatan PKK.

“Kami ingin menjadikan gerakan PKK ini menjadi lebih profesional. TP-PKK Kota Payakumbuh mengharapkan masukan-masukan dari PKK Provinsi untuk memberikan ide-ide agar PKK Payakumbuh menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya, dan saya berharap PKK Kota Payakumbuh dapat menang dalam lomba Tingkat Provinsi ini serta bisa maju ke Tingkat Nasional,” pungkas Hj Henny Riza Falepi.

Selanjutnya Tim Penilai PKK tingkat Provinsi juga memberitahukan aspek apa saja yg akan dinilai dalam perlombaan ini.

Ketua Tim penilai PKK Provinsi Ny. Anita Ali Asmara mengatakan penilaian yang akan dilakukan yaitu meliputi Penilaian 10 Program PKK, Penilaian Pola Asuh Anak, Penilaian Lomba UP2K (upaya penambahan pendapatan keluarga) PKK, Penilaian lomba Asri Indahnya Halaman (HATINYA PKK) dan Penilaian lomba pelaksanaan ivates agar ibu dan perempuan dapat dideteksi tentang kangker.

Setiap penilaian Diawali penilaian umum Ekspos ke kelurahan dan kecamatan, tentang kegiatan-kegiatan yg telah dilakukan di kelurahan dan kecamatan. Tim penilai akan mewawancarai dan meninjau langsung ke lapangan kegiatan apa saja yg telah dilakukan. Mulai dari kelembagaan, administrasi dan kegiatan pokja satu sampai Pokja empat.

“Anita menambahkan Diharapkan Semua Kader PKK dan PKK kelurahan harus punya rumah baca demi kemajuan kita di masa depan. karena melalui membaca, kedepannya SDM kita akan lebih berkualitas. Oleh sebab itu Tim PKK Kecamatan harus pro aktif dlm membina TP PKK Kelurahan,” pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top