Tetap istiqamah

Penulis : Shinta Dewi

Kaum muslim pada saat ini di hadapkan pada berbagai macam fitnah. Di tengah masyarakat banyak sekali ide-ide yang bathil, rusak, bahkan bisa merusak masyarakat, kembali seperti jaman jahiliyah terdahulu bahkan lebih parah dan rusak sekarang ini jaman jahiliyah modern. Demikian juga seruan kebenaran, kebaikan, perbaikan di serukan dimana-mana. Semangat menuju perbaikan dan berhijrah terus menyebar dan tumbuh walaupun hanya individu, ada juga kelompok atau jamaah.

Dalam situasi demikian,tentu penting kita memiliki pedoman. Rasulullah saw. bersabda "Katakanlah, Aku beriman kepada Allah. "Kemudian istiqamahlah (H.R.Ahmad dan Muslim). Istiqamah berarti teguh di atas jalan yang lurus.Dan jalan yang lurus hanyalah Islam yang di dalamnya terdapat akidah dan syariah-Nya.Allah SWT berfirman dalam al-qur'an yang artinya" Sungguh(Islam) inilah jalan-Ku yang lurus, karena itu ikutilah jalan itu. Janganlah kalian ikuti jalan-jalan lain karena jalan-jalan itu pasti mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya.Yang demikian Allah perintahkan agar kalian bertaqwa.(TQS.AL-AN'AM(6):153).

Selain istiqamah dalam menjalankan Islam seperti meyakini akidahnya,dan mengamalkan syariahnya serta mengikuti manhaj dan sistemnya. Allah SWT juga memerintahkan kita agar istiqamah mendakwahkan Islam, Allah SWT.berfirman: "Karena itu serulah (mereka) dan istiqamahlah kamu sebagaimana diperintahkan demikian dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka (TQS.ASY-SYARA (42):15). 

Istiqamah dalam jalan dakwah mencakup mengamalkan metode dan manhaj dakwah Rasulullah SAW dan menyerukan akidah Islam serta mengajak manusia untuk mengambil syariat Islam sebagai pedoman dan jalan kehidupan. Istiqamah menjalankan amar makruf nahi munkar dan muhasabah (koreksi dan kritik) kepada penguasa, harus tetap dilakukan, siapapun penguasanya. Istiqamah dalam dakwah juga mengharuskan keteguhan memperjuangkan penerapan syariah Islam secara kaffah meski terasa jauh dan lama dalam pandangan menurut akal manusia.  

Demikianlah keistiqamahan menjalankan Islam,yaitu istiqamah dalam keimanan dalam menjalankan ketaatan,dan menjauhi kemaksiatan, istiqamah dalam mendakwahkan Islam, serta istiqamah dalam memperjuangkan penerapan syariah Islam secara kaffah

2 Comments

  1. Dan tersurat juga dlm surat Ali-imron ayat 114 yg berbunyi:
    Mereka beriman kepada Allah dan hari Akhir,menyuruh (berbuat)yg makruf,dan mencegah dari yg mungkar dan besegera (mengerjakan) berbagai kebajikan mereka termasuk orang-orang yg sholeh, semoga kita termasuk ke dalam orang" yg istqomah.. Aamiin.. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  2. Tentulah.. memang kita harus istiqomah dlm segalanya dlm kaidah kaidah islam tentunya yg sangat terpenting di mulai dari aqidah akhlak yg menjadi kita selalu menjaga istiqomah dan tentunya terus mencari ilmu sebagai penguat kita untuk selalu istiqomah karena kalau tidak di barengi dengan ilmu akan pincang,Dan tersurat juga dln surat Ali-imron ayat 114 yg berbunyi:
    Mereka beriman kepada Allah dan hari Akhir,menyuruh (berbuat)yg makruf,dan mencegah dari yg mungkar dan besegera (mengerjakan) berbagai kebajikan mereka termasuk orang-orang yg sholeh

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post