N3, Padang - PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (Kit SBS) melalui UPK PLTU Teluksirih kembali menunjukan kepedulian terhadap dilingkungan sekitar. Ini dibuktikan dengan penyerahan dana Social Corporate Responbility (CSR) 2019 kepada masyarakat sekitar.

Penyaluran dana CSR ini dinilai sebagai bentuk kewajiban, dan juga amanah dari Undang-Undang, agar perusahaan harus bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar. Dengan harapan melalui dana CSR ini, koordinasi dan komunikasi dengan warga sekitar bisa menjadi lancar, termasuk membantu perekonomian warga sekitar, serta menjaga lingkungan.

“Apa pun kebutuhan warga, kita selalu dampingi, seperti misalnya usaha keramba ikan, kemudian juga eko wisata yang kini sedang digiatkan pemerintah pusat hingga daerah. Sehingga ini bisa menambah income bagi masyarakat,” ujar Manager UPK PLTU Teluksirih, Ardani Fikriansyah saat penyerahan bantuan CSR secara simbolis di Kantor Camat Bungus Teluk Kabung, Jumat (19/4).

Kucuran dana CSR tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya dikucurkan sebanyak Rp 423 juta. Tahun ini jumlahnya mencapai Rp 435 juta.

“Kepada penerima kami tentunya juga meminta dukungan agar PLTU Teluksirih, bisa dibantu beroperasi dengan baik. Salah satunya dengan cara menjadi agen untuk memberikan pencerahan kepada warga lainnya terhadap kontribusi positif PLTU Teluksirih selama ini,” sebut Ardani Fikriansyah.

Dana CSR tahun ini, meliputi sebanyak 12 program yakni Pengembangan Budidaya Ikan Karang dan Penambahan Pembuatan Keramba Jala Apung di Teluk Kabung Tengah, Bantuan Rehab Kapal Nelayan dan Kapal Wisata di Teluk Kabung Tengah, Bantuan Pembuatan Tempat Pengeringan Ikan Laut di Teluk Kabung Tengah dan Teluk Kabung Utara, Bantuan Pembangunan Mushala Nurul Ikhlas di Teluk Kabung Selatan, Bantuan Renovasi Mushala Baiturahmah di Teluk Kabung Utara.

Lalu, Bantuan Pembangunan Masjid Nadratul Illahi Kalampaian Bungus di Bungus, Bantuan Ruang Belajar di TPQ Al-Hanif di Teluk Kabung Utara, Bantuan Pembuatan Gapura Wisata Pulau dan Wisata Keramba di Teluk Kabung Tengah dan Teluk Kabung Selatan, Bantuan Ikon Wisata Eco Wisata Kepulauan Sungai Pisang di Teluk Kabung Selatan, Program Pembuatan Gazebo untuk Wisata Pulau Sungai Pisang di Teluk Kabung Selatan.

Kemudian Bantuan Peningkatan Program Kesehatan Balita dan Lansia di Teluk Kabung Tengah dan Teluk Kabung Selatan serta Penangkaran Penyu dan Edukasi Wisata Pasir Jambak di Pasia Nan Tigo, Kototangah.

Sekretaris Camat Bungus Teluk Kabung, M Latif mengaku, merasa terbantu dengan adanya kucuran dana CSR yang diberikan PLTU Teluksirih. Karena sejauh ini, kemampuan APBD Kota Padang baik untuk fisik maupun non fisik, belum mampu mengakomodir kebutuhan warga yang ada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

“Jelas ini sangat membantu masyarakat kami. Mungkin ke depannya, kita perlu mengembangkan wisata halal di Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan. Termasuk membantu peningkatan kesejahteraan kelompok masyarakat nelayan,” pintanya.

Selain dihadiri warga sekitar, penyerahan secara simbolis dana CSR tersebut juga disaksikan pihak Polsek dan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bungus Teluk Kabung.(zl)
 
Top