Payakumbuh Dianugerahi Government Award 2019 dari MNC Grup


N3 Payakumbuh/Jakarta — Sukses Kota Payakumbuh merebut penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara sebanyak lima kali beruntun dan satu-satunya kota di Indonesia yang mampu meraihnya secara beruntun sebanyak lima kali, diapresiasi Bappenas dan media nasional papan atas.
Sindo Weekly, majalah terkenal milik MNC Grup bersama Bappenas memberikan Apresiasi Government Award (AGA) 2019 buat Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT.
Penyerahan penghargaan dalam bentuk miniatur piala itu, dilakukan dalam acara disalah satu hotel berbintang lima di Jakarta Pusat, Selasa (30/4). Ikut mendampingi walikota dalam acara tersebut Kadiskominfo Jhon Kenedi dan Plt. Kadis Kesehatan Desmon Karina.
Dengan senyum yang khas, Walikota Riza Falepi menerima penghargaan dimaksud dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo disaksikan sejumlah pejabat eselon I dari berbagai kementerian serta jajaran Perumtel.
Sebelum menerima penghargaan, Walikota Riza Falepi didampingi Asisten II Setdako Eldaswarman dan Kabid Humas Irwan Suwandi, diundang MNC TV, untuk talkshow secara langsung, dalam siaran INews Kamis (26/4) pagi.
Sindo Weekly menetapkan Walikota Payakumbuh penerima AGA 2019, atas kepedulian kota ini bersama DPRD dalam program kesehatan. Komitmen dimaksud dibuktikan dengan peningkatan anggaran, sesuai dengan visi dan misi kepala daerah.
Kota berpenduduk 130 ribu jiwa lebih itu, menurut Walikota Riza Falepi, punya daya tarik tersendiri meningkatkan mutu kesehatan warga. Selain intervensi dana APBD yang sudah mencapai 15% persen lebih, juga dukungan dari tokoh maayarakat, melibatkan unsur ninik mamak dan pemuka agama serta stakeholder lainnya.
Kemudian, seluruh fasilitas kesehatan yang ada, seperti RSUD Adnaan WD, puskesmas sudah terakreditasi paripurna dan terakreditasi A. Pengelolaan keuangannya sudah BLUD.
Untuk memudahkan masyarakat memakai jasa rumah sakit dan puskesmas, dikembangkan sistem aplikasi yang terintegrasi dengan nama E-Sipaduko. Rumah sakit terintegrasi dengan seluruh puskesmas yang ada di Payakumbuh. Pelayanan prima di rumah sakit dan puskesmas bagian dari obat buat masyarakat.
Inovasi yang terus dilakukan Pemko itu, terpantau oleh Bappenas dan Sindo Weekly. Sehingga akhirnya majalah nasional milik MNC grup ini mengapresiasinya dengan AGA, sebut Pimpred Sindo Weekly, Nevy Hetharia ketika memberi sambutan dalam acara tersebut.
Sepanjang lima tahun perjalanan pemberian penghargaan buat kepala daerah berprestasi di Indonesia ini, Sindo Weekly sudah 125 kota dan kabupaten yang menerima AGA. Tahun 2019 tercatat 25 kota, kabupaten serta provinsi yang kebagian AGA, ungkapnya.
“Selamat buat walikota, bupati dan gubernur penerima AGA 2019. Mari kita sama-sama melakukan inovasi untuk kemajuan negeri ini,” simpul Nevy. (rel)

Post a Comment

Previous Post Next Post