MPU Aceh Timur Gelar Pelatihan Kader Ulama Muda


Teks Foto: Penyematan tanda peserta secara simbolis kepada 
Tgk Abdullah dan Tgk Salman Azmi. Oleh Asiten ll 

Aceh Timur-Nusantaranews,Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Timur menggelar pelatihan kader ulama muda bertempat di Aula Kantor MPU setempat, Senin 22 April 2019. Pelatihan Ulama Muda Mengusung Tema "Dengan Pelatihan Kader Ulama Muda Tahun 2019  Kita Tingkatkan Peran Majelis Permusyawaratan Ulama Dalam Melahirkan Calon calon Ulama Masa Depan Aceh.
Teks Foto: Asisten Keistimewaan Aceh Ekonomi Pembangunan Sekdakab Aceh Timur Usman A. Rachman, SH, SP. MM saat menyampaikan sambutan dan arahannya.

Kegiatan selama tujuh hari itu dibuka Asisten Keistimewaan Aceh Ekonomi Pembangunan Sekdakab Aceh Timur Usman A. Rachman, SH, SP. MM mewakili Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H. M. Thaib, SH.

Dalam sambutannya, Usman A. Rachman mengatakan, dalam catatan sejarah bahwa perjuangan rakyat aceh pada masa lampau sangat istiqamah dalam menengakkan Amar Ma’aruf Nahi Mungkar. “Perjuangan tersebut bersumber dari kehidupan yang Religius” dan mempunyai adat istiadat yang kokoh,” katanya.

Ulama adalah pewaris para nabi, mereka dituntut untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, memperbaiki keimanan dan ahlak masyarakat sekaligus memberikan pencerahan bagi persoalan-persoalan yang di hadapi ummat,” terang Usman A. Rachman.

Lebih lanjut disampaikan, untuk menghadapi tantangan ini, maka diperlukan sebuah proses kaderisasi ulama. Membekali kader-kader ulama muda dengan memfokuskan pada penguasaan ilmu-ilmu dasar keislaman, seperti Al-quran, tafsir, hadist, fiqh, usul fiqh dan lain sebagainya,” sebut Usman A. Rachman.
Insya Allah dengan dilaksanakannya kegiatan mulia ini, kita harapkan dapat melahirkan ulama-ulama muda yang memiliki kompetensi ilmu agama yang mendalam, wawasan keislaman yang luas serta memiliki integritas, sehingga mereka nantinya benar-benar menjadi kader ulama muda yang berani menegakkan yang benar dan mencegah yang batil,” demikian pungkas Usman A. Rachman.

Sebelumnya, Erizal, SE Kepala Sekretariat MPU dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan pelatihan kader ulama muda tahun 2019 ini merupakan angkatan ke VII yang telah dilaksanakan oleh MPU Aceh Timur. "Pelaksanaan pelatihan kader ulama muda angkatan pertama dlaksanakan pada tahun 2013 dan tahun 2019 ini merupakan pelatihan kader ulama muda angkatan VII,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, dari pelaksanaan pelatihan kader ulama muda angkatan pertama sampai dengan angkatan VII, MPU Aceh Timur telah melahirkan sebanyak 336 orang kader ulama muda. "Kita harapkan ulama-ulama muda ini nantinya dapat meneruskan peran ulama kita yang ada sekarang ini,” tegas Erizal.

Katanya, Pelaksanaan pelatihan kader ulama muda ini berlangsung selama 7 hari, dimulai tanggal 22-28 April 2019 yang diikuti sebanyak 48 orang peserta laki-laki terdiri dari santri dayah dan pesantren yang ada di Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur,” demikian pungkas Erizal.

Pada pelatihan Kader Ulama Muda itu Turut Hadir, Asisten Keistimewaan Aceh Ekonomi Pembangunan Sekdakab Aceh Timur Usman A. Rachman, SP, Ketua MPU Tgk H. Muhammad Nur, Sekretaris MPU Erizal, SE, serta tamu undangan. (*)


Post a Comment

Previous Post Next Post