KEWAJIBAN DAKWAH

Sok alim deh pake acara dakwah!!

Udah gak usah ikut campur urusanku urus aja dirimu sendiri, baru aja belajar ngaji dah sok-sokan dakwah....

Kamu udah gak asyik lagi deh...dah kayak ustadzah..... 

Cibiran itu pasti sering datang pas mau ngajak teman ngaji, atau pas liat kemungkaran di sekitar.  Selalu yang di bully yang mengajak kepada kebaikan. Sedih sich teman-teman yang biasa welcome and humble jadi kaum nyinyir dan kita menjadi orang yang terasing. Yang salah sebenarnya  apa sih, dakwahnya atau pemikiran mereka yang sekuler?

Padahal Islam mewajibkan semua umatnya untuk berdakwah, Islam  bisa sampai sekarang dengan adanya dakwah. Dengan dakwah,  Islam menyebarkan mabda (ideologi).  Islam adalah agama yang sempurna dan paripurna. Islam mengatur kehidupan tiga dimensi yaitu dimensi pertama, manusia dengan Allah Swt, dimensi kedua manusia dengan dirinya, sedangkan dimensi ketiga, manusia dengan manusia lainnya. Kebanyakan orang beranggapan bahwa Islam hanya mengatur dua dimensi yaitu dimensi pertama dan dimensi kedua. 

Pada dimensi tiga ini, Islam mengatur bagaimana seharusnya kaum muslim dalam membangun rumah tangga hingga membangun negara. Pada dimensi ketiga ini pula meniscayakan dakwah yang merupakan kewajiban setiap muslim, seperti termaktub dalam Alquran An Nahl: 125: 
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan palajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.  Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari Jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk

Begitu pula dalam H.R. Tirmidzi : “Demi zat yang jiwaku ada dalam kekuasaanNya kalian harus menyerukan pada kemakrufan dan mencegah dari kemungkaran ataukah Allah SWT. Akan menurunkan siksa Nya kepada kalian, sehingga ketika kalian berdo’a,Dia tidak akan mengabulkan do’a kalian.” 

Hakekatnya, dakwah itu memiliki banyak keutamaan, antara lain: menumbuhkan ketertarikan pada Islam, menasehati diri sendiri dan orang lain, serta mencegah kemungkaran.
 
Top