MAGELANG,-- Komandan Koramil 21/Kajoran Kapten Infantri Ahmat Rohmat beserta tim kaji banding mengikuti kunjungan kaji banding untuk percepatan Open Defication Free (ODF) di Desa Kalimendong Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo yang mendapatkan Adipura tingkat nasional tentang masalah ODF pada Kamis(4/4)

ODF (Open Defecation Free) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga dilakukan upaya-upaya untuk memutuskan rantai penularan penyakit tersebut.

Kaji banding yang di prakarsai oleh Puskesmas Kajoran dua tersebut selain Komandan Koramil 21/Kajoran juga di ikuti oleh Camat Kajoran, Polsek kajoran Kepala PLKB, Kepala Desa, kader PKK dan kader Forum Kesehatan Desa (FKD) di wilayah Kajoran.

Kegiatan kaji banding yang di motori oleh Puskesmas Kajoran 2 tersebut membahas bermacam permasalahan diantaranya bagaimana membuat percepatan ODF dan pemanfaatan limbah, kebersihan lingkungan dan tidak buang air besar sembarangan.

Tim kajian dari Puskesmas Kajoran 2 sangat antusias dalam mengikuti kaji banding tersebut di karenakan terbukti Desa Kalimendong bisa mendapatkan piala Adipura tingkat nasional sehingga selain mengikuti kajian di ruangan juga dilakukan survei di lapangan oleh peserta kaji banding.

Desa tersebut terlihat sangat asri dimana pembuangan limbah juga tertampung dengan rapi, sampah organik dapat di manfaatan untuk bahan pupuk, sementara sampah non organik dimanfaatkan untuk karya seni yang mempunyai nilai ekonomis.

"Kita dapat belajar banyak dari sini, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, asri dan sehat di lingkungan kita" tutur Danramil usai mengikuti kaji banding.(pendimmgl)
 
Top