PADANG - H. Zainal Bakar, S.H (lahir di Pariaman, Sumatera Barat, 16 Agustus 1940 – meninggal di Padang, Sumatera Barat, 31 Juli 2012 pada umur 71 tahun) adalah Gubernur Sumatera Barat periode 2000 - 2005. Ia terpilih sebagai gubernur menggantikan Dunidja.

Apa kenangan saya sama almarhum ?  Ada cerita yang patut saya sampaikan disini, senior saya di Fakultas Hukum Universitas Andalas seorang tokoh pemuda yang sangat disegani di Kota Padang sering minum kopi dengan saya dikawasan Pondok Pecinan Kota Padang. Tepatnya Warung  Kopi Nan Miang.

Di Warkop itulah tempat silaturahmi para tokoh Sumatera Barat. Ibarat kata, disanalah "Bilik Kecil" perpolitikan Sumatera Barat. Semua orang boleh saja menduga siapa yang akan jadi Gubernur Sumatera Barat pasca Dunidja. Namun saya sudah nguping siapa yang akan "jadi" namun informasi yang 'off the record' tetap saya jaga sampai hari "H". Tidak pernah saya beritakan di koran tempat kerja saya.

Bagaimana pembicaraan antara om Acip alias Nazif Lubuk (Kadis Pariwisata Sumbar) dengan Zainal Bakar dan Ali Amran yang waktu itu menjadi Sekda Provinsi Sumbar. Pada pemilihan Gubernur di DPRD Sumbar, Zainal Bakar dan Ali Amran merupakan rival meraih kursi gubernur.

Ketika usai pemilihan semua yang dikira orang awam bersiteru dalam Pilgub duduk bersama kembali. Om Acip tetap pada posisinya sebagai Kadis Pariwisata dan Ali Amran tetap menjadi Sekdaprov Sumbar.

Ketiga orang paling berpengaruh di Sumbar saat itu sudah tiada. Semoga segala amal ibadah yang mereka perbuat untuk Ranah Minang ini mendapat pahala dari Allah SWT.
 
Top