Mentawai - Ronda malam yang selama ini Masyarakat lupakan kini kembali Aktif bersama Satgas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 104 di wilayah Kodim 0319/Mentawai.

Ronda Malam sebagai salah satu Kegiatan Non fisik TMMD di Desa Goisooinan, kecamatan Sipora Utara, menjadi pengingat kepada Masyarakat akan Pentingnya menjaga rasa aman dan Nyaman di wilayah setempat.

Hal itu di utarakan Satgas TMMD, Kopda. Hendra bahwa, Peran yang di lakukan prajurit TNI bersama masyarakat ini untuk memberikan rasa aman dan  nyaman di lingkungan lokasi kegiatan selama TMMD berjalan.

Selanjutnya ia mengatakan, melalui kegiatan Ronda tersebut masyarakat setempat dapat kembali aktif melaksanakan Ronda malam sebagai Budaya Indonesia. Pasalnya, ronda malam dilakukan sebagai upaya Masyarakat untuk mengantisipasi hal yang mempengaruhi  keamanan suatu wilayah.

“Kalau sudah aktif lagi budaya jaga malam, orang lain tidak akan mudah begitu saja masuk kewilayah kita,” kata Kopda Hendra kepada wartawan, Kamis (14/3).

Maka pada itu, ia menyebutkan untuk menghidupkan kembali ronda malam, perlu di lakukan musyawarah bersama pihak kepala desa, kepala dusun serta masyarakat, sehingga kegiatan ronda malam mempunyai sasaran yang jelas.

Sementara Ketua Pok Jaga Nomensen mengatakan, ronda malam ini yang kami lakukan bersama merupakan ide dari satgas TMMD yang tinggal di rumah warga dalam rangka melaksnakan kegiatan TMMD di Mentawai.

Di akuinya, memang kita sudah lama tidak menghidupkan roda malam, namun dengan adanya kegiatan TMMD, kami merasa termotivasi dari prajurit TNI yang memberikan usul.

Jaga malam yang kami lakukan berujuan untuk mengecek masyarakat yang keluar masuk kampung diatas pukul 12 malam, dan jaga malam ini di laksankan sampai jam 5 pagi stand bay di pos ronda, ucapnya.

Keberadaan satgas TMMD di Desa Goiso’oinan kami sangat bersyukur banyak wejangan yang bisa kami implemntasikan kepada masyarakat, di harapkan budaya jaga malam ini kami akan di lanjutkan, tukasnya.
 
Top