TMMD Jatim Tingkatkan Daya Saing Ekonomi Masyarakat


N3, Surabaya,- Tak dapat dipungkiri, ternyata keberadaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Jawa Timur dinilai mampu meningkatkan daya saing perekonomian masyarakat, khususnya warga yang berada di daerah terpencil.
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, S. IP, M. M, mengatakan, upaya masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya, semakin terlihat ketika setiap Satgas di wilayah TMMD, khususnya di Jawa Timur, mulai membekali seluruh warga dengan berbagai pelatihan yang dinilai mampu mendongkrak kreatifitas masyarakat.
“Pelatihan itu, ditujukan kepada para ibu rumah di lokasi TMMD. Mulai dari keahlian menjahit, hingga membuat suatu produk home industri,” ujarnya. Minggu, 24 Maret 2019 pagi.
Dalam pembekalan itu, kata mantan Wadan Grup-D Paspampres ini, Satgas TMMD juga tak segan-segan merangkul pihak, maupun institusi terkait di wilayah tugasnya. 

“Misalnya, Satgas mengajak Disperindag setempat, maupun balai pelatihan kerja untuk melatih kreatifitas para ibu-ibu di lokasi TMMD,” tandasnya. “Kegiatan itu sudah berjalan di beberapa lokasi TMMD di Jawa Timur,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, minimnya wawasan masyarakat di lokasi TMMD, seakan menjadi kendala tersendiri untuk dapat mengembangkan motivasinya. “Maka dari itu, kita berupaya mengembangkan motivasi masyarakat melalui program ini,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu, pelatihan itu sudah pernah berlangsung, termasuk di lokasi TMMD Kodim 0827/Sumenep. Letkol Inf Ato Sudiatna mengungkapkan, selama berlangsungnya program non fisik tersebut, dirinya sengaja mengajak pihak Disnaker setempat.

Bahkan, beberapa ibu rumah tangga di lokasi TMMD desa Larangan Kerta, Kabupaten Sumenep, di bawa menuju ke ruang pelatihan kerja Disperindag. “Di lokasi itu, ibu-ibu di bekali berbagai pelatihan, termasuk keahlian menjahit hingga membuat kue,” ungkap Dandim 0827/Sumenep ini.

Khoiriyah (29), salah satu warga desa Larangan Kerta yang saat itu mengikuti pelatihan kerja tersebut, mengakui jika saat ini dirinya sudah memahami beberapa tata cara membuat adonan kue untuk di jual. “Ya Alhamdulillah pak, waktu itu saya juga dapat dukungan peralatan membuat kue dari bapak-bapak Tentara (Satgas),” ungkap satu anak ini. (Pendam V/Brawijaya)

Post a Comment

Previous Post Next Post