N3, Padang - Dunia kembali diguncang serangan terorisme. Kali ini menimpa negara yang dikenal sebagai salah satu negara paling aman di dunia, Selandia Baru. Serangan itu belum pernah terjadi sebelumnya. Ketika shalat Jumat berlangsung pada Jumat (15/03), terjadi serangan penembakan di dua masjid di Christchurch, di Selandia Baru.

Sebelum melakukan aksinya, salah seorang terduga pelaku berkewarganegaraan Australia itu menyebar manifesto anti-imigran dan Islam. Atas serangan mematikan ini, melakukan dan menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Ikut berduka cita sedalam-dalamnya bagi setiap korban dan keluarga mereka, termasuk korban dari warga negara Indonesia (WNI). Kami dari SAMAWI (Solidaritas Ulama Muda Jokowi) Sumatera Barat menggelar sholat ghoib, bertempat di jalan Ciliwung No,10, Padang Barat Kota Padang dengan jumlah Peserta 300 orang santri dari 2 Pondok Pesantren yang ada di Padang. Samawi Sumbar juga terus mendoakan agar mereka dapat melalui peristiwa tragis ini dengan tabah.

2. Kejadian penembakan muslim di newzeland menjadi pelajaran bagi kita semua di Indonesia khususnya diranah minang yang sebentar lagi akan menghadapi pilpres dan pileg agar tetap menjaga persatuan dan tidak menyebar ujaran kebencian. Karena bagaimanap juga, kejadian kekerasan itu berawal dari kebencian satu kelompok ke kelompok yang lain.

3. Samawi Sumbar Mengutuk keras aksi penembakan brutal tersebut dan mendukung upaya Pemerintah Selandia Baru menangkap, membawa ke pengadilan, dan mengungkap motif berikut jaringan para pelaku penembakan tersebut.

4. Sebagai negara muslim terbesar di Dunia, Mendorong negara-negara, khususnya di Asia Pasifik, bersama-sama mengembangkan langkah - langkah mengurangi islamophobia, anti-semitisme, dan anti imigran berupa dialog-dialog kebudayaan, mengurangi diskriminasi dan intoleransi, dan mendorong perlindungan dan kesejahteraan khususnya kepada kelompok minoritas.

5. Mendorong pemerintah Indonesia untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi agar serangan ini tidak berdampak pada meningkatnya kebencian tak berdasar pada warga Asing kulit putih atau non-muslim di Indonesia.

6. menghimbau kepada masyarakat indonesia, khususnya minang Kabau untuk selalu menjaga ukhwah Kemanusian, ukhwah kebangsaan, dan Ukhwah islarmiah agar terwujudnya lIndonesia maju berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Sholat ghoib ini dilaksanakan bersama Buya Mahyuddin yang juga Pengasuh Ponpes MTI Batang Kabung. Sedangkan untuk Dzikir dan Tahlil dipimpin H. Rudy Ahmad Syafrudin (Ketua Korwil Samawi Sumatera Barat, dan untuk pembaca do'a Syekh Mudo Yumisdi (Dewan Syuro Kornas Samawi). Rel
 
Top