N3 Payakumbuh - Dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter bagi siswa sekolah dan generasi muda. Babinsa Koramil 01/ PYK Kodim 0306/50 Kota memberikan pemahaman Kedisiplinan dan Cinta Tanah Air kepada Siswa Sekolah Dasar Negeri 46 Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kec Payakumbuh Selatan.

Pembinaan dan  pembentukan karakter Kedisiplinan dan Cinta Tanah Air disampaikan oleh Babinsa Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kec Payakumbuh Selatan Sersan Mayor Ifnusril yang menjadi pembina Upacara Bendera di SDN 46 pada senin (18/3), dihadiri juga oleh Lurah Novri AM dan Babinsa se Kec Payakumbuh Selatan seperti Serka Darman Dedi, Serda Zamrius, serda Irwan Siregar dan Koptu Bambang serta Kepala Sekolah dan Majelis Guru.

Serma Ifnusril dalam amanatnya mengatakan untuk pembinaan Kedisiplinan, Berwawasan Kebangsaan, serta Kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air harus didapatkan atau dimiliki  oleh setiap warga Negara sejak usia dini.

"Tugas dan kewajiban dari siswa yang terpenting saat ini adalah belajar dan menuntut ilmu dengan rajin, tekun dan sungguh-sungguh, raih dan kejarlah prestasi serta cita-cita yang bisa jadi kebanggaan diri sendiri, sekolah, guru, orang tua, Bangsa, dan Negara. Hormati dan hargai guru dan orang tua serta orang yang lebih tua dari kita,sesama teman tidak boleh berkelahi, bermusuhan, saling mengejek dan mengambil hak orang lain yang bukan milik kita," ujarnya.

Serma Ifnusril  juga menambahkan kepada siswa harus belajar dan membiasakan diri untuk hidup Disiplin, karna dengan Kedisiplinan yang tinggi keberhasilan dan kesuksesan akan dapat diraih apabila kita mampu menerapkan dan melaksanakannya dengan baik, salah satu contoh kecilnya adalah bagaimana menghargai waktu baik dirumah maupun di sekolah.

"Contohnya datang ke sekolah tidak terlambat, kapan saatnya kita belajar, kapan saatnya kita bermain, kapan saatnya kita biribadah, kapan saatnya kita mandi, kapan saatnya kita membantu orang tua, membuang sampah pada tempatnya, berpakaian yang rapi dan bersih, rambut dan kuku dipotong agar rapi dan bersih," pesannya.

Dalam akhir amanatnya, Serma Ifnusril mengatakan Upacara Benderan setiap senin adalah sebagian dari upaya atau cara untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air dengan membayangkan bagaimana  pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan agar merah putih tetap berkibar diseluruh tanah air Indonesia walaupun mengorbankan jiwa dan raga, harta dan benda, bahkan saudara, dan juga keluarga.

Sementara itu, Danramil 01/Pyk kapten Czi Joni Forta Mangku Puti melalui seluruh Babinsa Koramil 01/Pyk agar bisa memberikan pemahaman Wawasan Kebangsaan serta Kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air kepada warga terutama pada siswa-siswa sekolah dan generasi muda di lingkungan Kota Payakumbuh.

"Sudah merupakan tugas dan kewajiban kita selaku Aparat Komando Kewilayahan yang selalu bersentuhan dengan masyarakat untuk memberikan pemahaman kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air di setiap kesempatan dan kegiatan-kegiatan tertentu," ujar Danramil 01/Pyk kapten Czi Joni Forta Mangku Puti menambahkan.

Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol KAV Solikhin S.sos,MM melalui Danramil mengatakan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil 01/Pyk merupakan suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat Bangsa dan Negara ini.

"NKRI akan tetap berdiri kokoh apabila salah satunya ditopang oleh kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah air. Jadi harus dibina,dipupuk dan tumbuhkan dalam setiap diri warga negara agar kesatuan dan persatuan serta keutuhan wilayah tetep terjaga ucap Komandan Kodim 0306/50 Kota," ujarnya.

Mengapresiasi program pembinaan karakter yang dilaksanakan oleh TNI di sekolah- sekolah. Kepala Sekolah SD 46 Irwani S.pd dan Lurah kelurahan Sawah Padang Aur Kuning kec Payakumbuh selatan Novri AM didampingi majelis guru menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim, Danramil, dan Babinsa yang sudah meluangkan waktu untuk menjadi pembina upacara bendera di Sekolah serta memberikan motivasi dan pemahaman kedisiplinan dan cinta tanah air kepada para siswa.

"Kami berharap program pembinaan dan pembentukan karakter oleh TNI disekolah kita ini dan disekolah yang lain masih bisa berlanjut agar murid-murid kami bisa menemukan jadi diri yang sesungguhnya ungkap Lurah Novri AM dan Kepala Sekolah Irwani S.pd menambahkan," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top